Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 19 Mar 2022 20:10 WIB ·

TK RUMAN Aceh Gelar Field Trip Education ke Pelabuhan


 Guru dan Murid TK RUMAN Aceh berfoto bersama di depan kapal ferry seusai field trip education selama 2 hari di pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh Perbesar

Guru dan Murid TK RUMAN Aceh berfoto bersama di depan kapal ferry seusai field trip education selama 2 hari di pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh

Banda Aceh – Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menggelar field trip education (edukasi karyawisata) ke pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Kegiatan yang digelar selama dua hari berturutan, Rabu dan Kamis (16-17/3/2022) tersebut, ungkap Kepala TK Ruman Aceh, Fitri Mukirah S.Pd., untuk memperkenalkan alat transportasi laut kepada murid secara bergantian dalam dua rombongan.

“Karyawisata kali ini untuk mengedukasi anak-anak kita perihal alat transportasi dengan fokus transportasi laut. Terima kasih banyak atas sambutan dan pelayanan pihak pelabuhan yang ramah”, ujar Kirah, panggilan akrab Fitri Mukirah.

Sebelum memasuki area utama pelabuhan, imbuh Kirah, anak-anak mengikuti beragam permainan di sebelah area parkir di bagian luar. Lalu, mereka menikmati sarapan dan makanan ringan yang telah disediakan berpa susu kotak, permen dan cococrunch.

“Pada hari pertama, anak-anak menyaksikan proses keberangkatan kapal cepat. Sedangkan di hari kedua, mereka memasuki kapal ferry yang sedang bersandar kosong. Mereka sangat bahagia bisa mengelilingi bagian dalam kapal, bahkan duduk di kursi penumpang”, imbunya.

Sementara itu, Pendiri dan Pembina PKBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif yang memantau situasi dan kondisi hari pertama kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya meningkatkan pengetahuan murid dari visual bergambar menjadi nyata.

“Sebelumnya anak-anak sudah diperkenalkan alat transportasi darat, laut dan udara melalui media bergambar dan penuturan lisan. Pada kegiatan ini, mereka melihat secara langsung fisik kapal. Tentu hal itu akan sangat kuat tertanam dalam memori indah mereka”, ujar Arif tersenyum.

 

TK Ruman Aceh, lanjut Arif, memang diprioritaskan bagi anak-anak dari keluarga fakir miskin dan retan bahkan termarjinal secara sosial ekonomi. Namun hal itu tidak berarti bahwa proses pendidikan dan pembelajaran dilakukan ala kadarnya.

“Komitmen kita adalah senantiasa menghadirkan yang terbaik buat anak-anak dan bunda guru. Hal ini didukung oleh para donatur tetap yang terus berbagi, walau mereka berada di luar Aceh. Alhamdulillah, semoga Allah meridhai dan memberkahi semua yang bersaham dalam khidmah sederhana ini”, pungkas Arif.

Artikel ini telah dibaca 80 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kakorlantas Survei Pamwal Rolakir PON XXI Aceh-Sumut 2024

18 July 2024 - 23:10 WIB

Abu Athaillah Ulee Titi dan 9 Alumni Terima Anugerah BUDI 1446 Hijriyyah

18 July 2024 - 20:48 WIB

Pengurus PMI Kota Banda Aceh Silaturrahmi dengan Pimpinan FKG USK

18 July 2024 - 20:12 WIB

Mantapkan Persiapan PON, Abu Razak Temui Kapolda

18 July 2024 - 20:00 WIB

Satgas Preemtif Operasi Patuh Seulawah 2024 Gelar Sejumlah Kegiatan Edukasi pada Masyarakat

18 July 2024 - 18:57 WIB

Pj Bupati Iswanto Terima Kunjungan dan Silaturahmi GM PT SBA Yang Baru

18 July 2024 - 18:13 WIB

Trending di METROPOLIS