Satoe Atjeh Pidie Juara LFN 2022

Harianrakyataceh.com – Liga Futsal Nusantara (LFN) tingkat Provinsi Aceh tahun 2022 yang digelar Asosiasi Futsal Aceh (AFA), resmi berakhir pada Kamis (31/3/2022) petang. Kompetisi resmi Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang dihelat di Hall Serbaguna, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya pada 28-31 Maret 2022, menelurkan Satoe Atjeh Pidie sebagai kampiun.

Pada partai final yang berlangsung pada Kamis (31/3/2022) sore, Satoe Atjeh Pidie mengalahkan tim debutan Unsam Langsa dengan skor 2-0.

Laju Satoe Atjeh Pidie ke tahta juara LFN Aceh tahun 2022 itu, memang cukup sempurna. Bagaimana tidak, sejak fase penyisihan grup hingga tembus ke final dan juara, Satoe Atjeh Pidie tak terkalahkan.

Pada babak penyisihan grup, Satoe Atjeh Pidie yang bergabung dengan Opanindo Aceh Besar dan Aceh Timur Maximum, tim binaan Edi Darman ini sukses mengapu kemenangan. Tak pelak satu tiket babak empat besar pun menjadi milik Satoe Atjeh Pidie dan berhadapan dengan Naga Pala yang menjadi juara Grup A. Duel semifinal itu pun dengan gemilang dilangkahi Satoe Atjeh Pidie lewat kemenangan telak 6-2 atas Naga Pala, Kamis (31/3/2022) pagi.

Langkah gemilang juga ditapaki tim Universitas Samudra (Unsam) Langsa. Meski berstatus tim debutan, namun Unsam berhasil mengejutkan lawan-lawannya di Grup B. Tanpa ampun, pasukan Dr Hamdani, MT tersebut menyegel posisi juara grup usai menenggelamkan Tuna FC dan Rumoh FC.

Tak berhenti di situ, Unsam yang mendapat dukungan langsung Wakil Rektor (Warek) III, Dr Muhammad Zulfri, ST, MM, MT berhasil menggilas Teuku Umar FC dengan skor 5-3, di semifinal.

Sebab itu, laga final yang mempertemukan Satoe Atjeh Pidie kontra Unsam Langsa digadang-gadangkan menjadi final ideal. Meski begitu, Satoe Atjeh Pidie tampaknya yang lebih berpengalaman berhasil menjadi kampiun usai mengalahkan Unsam FC dengan skor 2-0.

Sebagai kampiun, Satoe Atjeh Pidie berhak mendapat trofi dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Wakil Ketua KONI Aceh, Drs Bakhtiar Hasan, M.Pd.

Sedangkan piala dan hadiah untuk Unsam Langsa yang harus rela jadi runner-up, diserahkan langsung oleh Ketua Umum Asosiasi Futsal (AFA), Dr Muhammad Zulfri, ST, MM, MT. Sebaliknya piala juara tiga bersama yang direbut Naga Pala dan Teuku Umar diserahkan oleh Plt Kadispora Banda Aceh, Reza Kamilin, S.STP.

Pelatda PON

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Aceh, Drs Bakhtiar, MPd dalam sambutannya saat penutupan mengatakan, KONI Aceh saat ini sedang menggulirkan Pelatda menyongsong perhelatan PON Aceh-Sumut pada tahun 2024 mendatang.

Untuk itu, Bakhtiar meminta para pemain futsal yang bertarung di LFN 2022, agar menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga bisa terpilih menjadi Futsal Aceh. (rif)