Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

GAYO-ALAS · 14 Apr 2022 08:30 WIB ·

Wapres KH Ma’ruf Amin Buka PTQ RRI Nasional ke-52


 Didamping Gubernur Aceh, Nova Iriansyah Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin, memukul beduk sebagai tanda dibukuanya PTQ LPP RRI Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu(13/4). (HUMAS PEMERINTAH ACEH) Perbesar

Didamping Gubernur Aceh, Nova Iriansyah Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin, memukul beduk sebagai tanda dibukuanya PTQ LPP RRI Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu(13/4). (HUMAS PEMERINTAH ACEH)

TAKENGON (RA) – Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, membuka Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu(13/4).
Acara dibuka pukul 13.50 Wib dengan cuaca yang sangat bersahabat, sedikit mendung dan nyaman. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran.

Peresmian pembukaan kegiatan PTQ RRI kali ini mengusung tema; Rahmad Semesta, Pulih Bersama, Bangkit Bersama itu dihadiri tamu undangan yang berdatangan dari berbagai provinsi di negeri ini.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutanya menyampaikan selamat datang KH, Ma’ruf Amin di Tanoh Gayo Negeri Antara, Kota Wisata.

Selain itu Nova menyampaikan Aceh sebagai negeri syariat Islam selalu mengedepankan musyawarah dalam hal mewujudkan persatuan umat. PTQ adalah media sebagai kegiatan menjaga ke murnian isi Alquran. Semoga PTQ benar-benar sebagai kegiatan pemersatu dalam menjaga muslim di Indonesia.

Nova mengucapkan terimakasih kepada Bupati Shabela Abubakar atas terlaksananya kegiatan ini. “Terimakasih Pak Shabela Abubakar,” ucap Gubernur Nova Iriansyah.
Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin dalam kegiatan itu mengatakan, bulan ramadan adalah bulan Alquran. Dan kita dianjurkan banyak membacanya. “Mari kita membaca Alquran, karena Alquran adalah buku panduan perjalanan kita di muka bumi ini,” ajak Ma’ruf Amin.

Ajak Ma’ruf Amin, segala rintangan harus kita kembalikan kepada Alquran, bagaimana jalan keluarnya. Alquran jangan kehilangan makna. Semua diatur dalamnya. Terkait sikap-sikap terpuji semua terkandung didalamnya.

Generasi Alquran harus mampu memberikan kontribusi bagi negara kita. Agar bangsa kita tambah sehat kedepan. Lain itu, untuk situasi saat ini (pandemi) kita terus berupaya vaksinasi sebagai jalan keluar dari wabah ini. “Alhamdulillah saat ini (covid) mulai menurun dan akan kita akhiri masa pandemi menjadi masa endemi,” kata Wakil Presiden.
kegiatan PTQ RRI Ma’ruf Amin menyampaikan terimaksih atas dukungan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan PTQ RRI di Takengon ini.

Dengan mengucap bismillah PTQ dibuka sebut wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin sambil memukul Beduk tanda dimulai kegiatan PTQ RRI Nasional di Kabupaten berhawa sejuk Takengon.

Diikuti 3.000 Lebih Peserta
Sementara itu, Direktur Utama LPP RRI, Hendrasmo, mengatakan, PTQ RRI tingkat nasional yang sudah digelar sejak tahun 1968 itu terlebih dahulu diawali dengan seleksi pada tingkatan daerah sebelum selanjutnya diperlombakan pada tingkat nasional. Pegelaran PTQ tingkat nasional setiap tahunnya berpindah-pindah tempatnya. “Peserta tahun ini mencapai 3.164 peserta dari seluruh Indonesia, dimana pada tahun 2021 hanya 2.500 peserta saja,” kata Hendrasmo.

Adapun cabang lomba yang digelar pada pekan tersebut, yaitu, tilawah, tausyiah, dan tahfiz Qur’an. Pada tahun ini juga diadakan lomba tartil Qur’an khusus bagi penyandang sensorik netra. Hal ini sebagai bentuk inklusifitas RRI untuk memberi layanan kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk kelompok rentan.

Pada momentum tersebut juga digelar pameran UMKM binaan Pemkab Aceh Tengah guna meningkatkan gairah ekonomi masyarakat. Kemudian digelar juga penaburan benih ribuan ikan oleh seluruh satuan kerja RRI setanah air dan seminar. (jur/ril/ra)

 

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Pj Gubernur Dampingi Menko PMK Kunjungi Warga Penerima Bantuan Pemerintah

27 March 2024 - 22:21 WIB

Upaya Stabilitasi Harga, Pemkab Aceh Besar Gelar Bazar Pangan Murah di Simpang Tiga

27 March 2024 - 17:42 WIB

Pj Bupati Aceh Besar dan Kapolresta Banda Aceh Launching Kampung Bebas Narkoba di Lheu Blang

27 March 2024 - 17:34 WIB

PLN UID Aceh Siap Mendukung PON XXI Aceh – Sumut 2024

27 March 2024 - 17:13 WIB

Trending di EKBIS