Usai Isi BBM, Sepeda Motor Meledak di SPBU

 Sepeda motor korban diangkut becak dengan kondisi hangus terbakar usai mengisi BBM di SPBU Seumadam, Aceh Tamiang, Jumat (13/5) dini hari. DEDE/RAKYAT ACEH

KUALA SIMPANG (RA) – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Nomor 14.244.475 Seumadam di Jalinsum Medan-Banda Aceh kawasan Desa Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang nyaris terbakar.

Pasalnya, satu unit sepeda motor yang baru mengisi bahan bakar minyak (bbm) tiba-tiba terbakar di area SPBU membuat seluruh petugas panik berusaha memadamkan api sebelum menyambar dispenser pompa minyak.

Jaka, petugas SPBU Seumadam di lokasi kejadian, Jumat (13/5) dini hari mengatakan, kejadian kebakaran sepeda motor sekitar pukul 22.30 WIB. Api berhasil dipadamkan petugas SPBU sebelum mobil Damkar BPBD datang.

“Api tidak sempat menyambar pompa minyak langsung kami padamkan dengan gas racun api. Ada sekitar lima tabung racun api kami keluarkan,” tutur Jaka.

Menurutnya sepeda motor yang terbakar dikendarai seorang perempuan muda. Jaka adalah petugas yang melayani pengisian bbm. Saat itu korban sudah sempat mengisi bbm jenis pertalite bergantian dengan pelanggan lainnya.

“Usai mengisi bbm dia maju kedepan. Awalnya sepeda motornya diengkol-engkol tidak menyala. Setelah muncul api dari bawah mesin dia ketakutan menjatuhkan kendaraan sehingga minyak ditangki tumpah tersambar api,” jelasnya.

Kobaran api sempat tinggi membakar sepeda motor berlangsung sekitar 5-6 menit. Petugas mengaku panik karena titik kebakaran berada ditempat pengisian bbm.

Akibat peristiwa tersebut sepeda motor jenis Honda bebek milik korban hangus terbakar. Pascakejadian kebakaran operasional SPBU Seumadam sempat dihentikan sesaat. Sementara korban dan bangkai sepeda motornya dievakuasi di salah satu ruangan SPBU.

Malam itu tampak sejumlah personel polisi datang ke lokasi mencari keterangan kepada korban maupun pihak SPBU. Polisi mengimbau kepada warga pengguna media sosial agar tidak mendramatisir peristiwa kebakaran di SPBU diluar konteks fakta sebenarnya.

Menurut polisi korban bernama Hani Kholila (18) warga Tamiang Hulu. Korban mengalami trauma setelah kejadian itu.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden kebakaran di area SPBU tersebut.

“Korban sudah dijemput pihak keluarga untuk pulang ke rumah. Barang bukti sepeda motor kita titipkan di SPBU. Siapa pun yang akan mengambil BB ini minta izin dulu ke kita, akan kita buat berita acaranya,” ujar personel Polsek Kejuruan Muda.

Dalam kondisi syok berat korban Hani Kholila sudah pulang ke rumahnya. (ddh/rus)