Pengembangan UMK Melalui Bantuan TJSL PLN UPT Banda Aceh

Pelepasan bibit ikan nila di kolam pembibitan oleh Manager Bagian Keuangan dan Umum PLN UPT Banda Aceh. Foto istimewa

DEWANTARA – PLN UPT Banda Aceh kembali hadir untuk menyerahkan bantuan TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) kepada Kelompok Usaha Sabena yang berlokasi di desa Paloh Gadeng, kecamatan Dewantara, kabupaten Aceh Utara.

Acara peresmian dan penyerahan bantuan TJSL ini dihadiri oleh Tim Kelompok Usaha Sabena, Perangkat Desa Paloh Gadeng, Perangkat Kecamatan Dewantara, Kelompok Pemuda, warga masyarakat gampong Paloh Gadeng, Tim PLN UPT Banda Aceh, PLN ULTG Langsa, PLN UP3 Lhokseumawe dan PLN ULP Krueng Geukuh.

Ketua Kelompok Usaha Sabena, Sulaiman mengatakan bantuan TJSL ini digunakan untuk penambahan 2 kolam pembibitan ikan nila. “Terima kasih kepada PLN UPT Banda Aceh atas bantuan yang diserahkan kepada kami, Kelompok Usaha Sabena, gampong Paloh Gadeng. Bantuan ini sangat berarti bagi kami, dimana kami gunakan untuk penambahan dua kolam pembibitan ikan sehingga hasil usaha kami bisa meningkat”, ungkap Sulaiman, Kamis (19/5)

Program TJSL ini menambah daftar Mitra Binaan UMK di bawah naungan PLN UPT Banda Aceh. Manager Bagian Keuangan & Umum PLN UPT Banda Aceh, Rahmat menyampaikan bantuan TJSL senilai Rp 50 juta ini dapat memberikan nilai tambah bagi UMK. “Program TJSL tahun 2022 ini memang lebih diprioritaskan bagi pengembangan UMK di sekitar PLN. Harapan kami sebagai mitra pembina UMK, Kelompok Usaha Sabena setidaknya mampu meningkatkan hasil ekonomi, baik bagi kelompok maupun warga sekitar gampong Paloh Gadeng. Lebih jauh lagi, semoga juga dapat menularkan semangat berwirausaha bagi warga sekitar” harap Rahmat.

Senada dengan PLN, perwakilan perangkat gampong Paloh Gadeng, Zulkifli mengamini masih banyak potensi pertumbuhan ekonomi di wilayah gampongnya. “Kami melihat masih banyak lahan-lahan yang masih terbengkalai di gampong sini. Oleh karenanya, harapan kami bantuan PLN seperti ini terus berlanjut kedepannya untuk usaha-usaha lainnya” kata Zulkifli.

Dalam acara ini, turut hadir juga perwakilan dari PLN ULP Krueng Geukuh, Supervisor Pelayanan Pelanggan & Administrasi, Sarah Farsuna menyampaikan sosialisasi tentang PLN Mobile. “PLN kini lebih dekat dengan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat menikmati berbagai fitur, mulai dari pengecekan tagihan, pembelian token, tambah daya, pengaduan gangguan, Swa-cam mulai tanggal 24 s.d 27 setiap bulannya dan banyak lagi lainnya”. papar Sarah.

“Selain fitur yang melimpah, aplikasi PLN Mobile juga banyak memberikan promo bagi pelanggan. Salah satunya adalah promo lebaran ceria tambah daya mulai 2200 VA hingga 11.000 VA hanya membayar Rp 150.000,- bagi pelanggan yang berbelanja produk di marketplace PLN Mobile. Kami juga mengajak pelanggan untuk membayar rekening listrik di awal bulan sebelum tanggal 20, apabila terlewat akan dikenakan sanksi berupa pemutusan dan pembongkaran kwh meter”, tambah Sarah. (rao)