Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 21 May 2022 08:38 WIB ·

Tingkatkan Layanan, BPJS Kesehatan Sinergi dengan FKTP Melalui Aplikasi SIPP


 Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Kahar Muzakar, pada pertemuan Penguatan Fungsi Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) kepada Puskesmas di Kabupaten Aceh Besar, pada (20/5) di Banda Aceh. Perbesar

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Kahar Muzakar, pada pertemuan Penguatan Fungsi Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) kepada Puskesmas di Kabupaten Aceh Besar, pada (20/5) di Banda Aceh.

BANDA ACEH – Kepuasan peserta merupakan salah satu indikator keberhasilan dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Kepuasan Peserta ini diartikan sebagai kepuasan peserta terhadap pelayanan yang diberikan oleh Duta BPJS Kesehatan dan juga mencakup pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan informasi secara akurat dan cepat serta penyaluran pengaduan terhadap pelayanan yang diberikan, BPJS Kesehatan bersinergi dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui Aplikasi SIPP (Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan) yang sebelumnya telah terlebih dahulu ada dan diimplementasikan di rumah sakit.

“Tujuan dari Aplikasi SIPP ini adalah untuk memberikan kemudahan akses pelayanan terkait pemberian informasi dan penanganan pengaduan serta memudahkan eskalasi, monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan peserta di FKTP seperti puskesmas, klinik pratama dan dokter praktik perorangan sehingga segala bentuk koordinasi dengan BPJS Kesehatan dapat tercatat,” ungkap Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Kahar Muzakar, pada pertemuan Penguatan Fungsi Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) kepada Puskesmas di Kabupaten Aceh Besar, pada (20/5) di Banda Aceh.

Kahar melanjutkan, sebelumnya BPJS Kesehatan telah meminta kepada pimpinan FKTP untuk melakukan penunjukan Person in Charge (PIC) melalui surat penunjukan yang bertanggung jawab dalam proses pemberian informasi dan penanganan pengaduan di tingkat FKTP.

“Dengan adanya SIPP ini diharapkan dapat menjadikan perbaikan bersama terkait mutu dan pelayanan yang diberikan kepada peserta serta memudahkan pelaporan kepada manajemen masing-masing FKTP sesuai fakta. BPJS Kesehatan harus segera merespon terkait permintaan dan pengaduan yang diajukan terutama yang bersifat hard complain untuk memberikan solusi dan jawaban kepada peserta melalui FKTP,” ucap Kahar.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar Nelly Ulfianti sangat mengapresiasi BPJS Kesehatan karena telah memberikan wadah kepada fasilitas kesehatan khususnya FKTP melalui Aplikasi SIPP untuk memudahkan melakukan pengendalian atas pengaduan masyarakat.

“ini merupakan sebuah inovasi ataupun upaya perbaikan yang dapat dilakukan pengendalian atas pengaduan masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Kita harapkan agar semua puskesmas dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan baik, setiap ada aduan ataupun masalah dari masyarakat dapat tertangani dengan cepat sehingga ada solusi untuk penyelesaian pengaduan,” kata Nelly.(rq)

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Polisi Tetapkan Oknum Satpol PP Lhokseumawe Sebagai Tersangka Penganiayaan Anak di Bawah Umur

29 March 2024 - 04:37 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Epson Indonesia Sajikan Bukber Spektakuler, Sinergi Bersama Media dan Hikmah Ramadan

28 March 2024 - 13:45 WIB

Tips Berkendara Aman Saat Bulan Puasa

28 March 2024 - 13:15 WIB

Ramadan Penuh Makna, The Reiz Suites, Artotel Curated Medan Bagikan Sembako Ke Beberapa Rumah Tahfidz Dan Panti Asuhan

28 March 2024 - 11:38 WIB

Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan

28 March 2024 - 00:01 WIB

Trending di EKBIS