Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 26 May 2022 14:13 WIB ·

Ukir Prestasi, Desa Lapang Timu Masuk 5 Besar Posyantekdes Terbaik se Aceh


 Kabid Kawasan, SDM dan TTG beserta rombongan DPMG Aceh, kunjungan ke Desa Lapang Timu, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, guna penilaian posyantekdes terbaik se Aceh, Kamis (26/5).
AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Kabid Kawasan, SDM dan TTG beserta rombongan DPMG Aceh, kunjungan ke Desa Lapang Timu, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, guna penilaian posyantekdes terbaik se Aceh, Kamis (26/5). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Pos Pelayanan Tehnologi Pedesaan (Posyantekdes) Gampong Lapang Timu, Kecamatan Gandapura, yang diberi nama ‘Karya Bersama’, berhasil mewakili Kabupaten Bireuen, masuk nominasi 5 besar perlombaan gampong terbaik se Provinsi Aceh.

Posyantekdes Lapang Timu, sukses mengembangkan teknologi tepat guna, dengan memproduksi panel rumah pracetak siap pasang berbahan beton.

Keuchik Desa Lapang Timu, Musnawar kepada Harian Rakyat Aceh, Kamis (26/5) mengatakan, dalam rangka memberdayakan masyarakat dan melakukan berbagai inovasi memajukan gampong menggunakan dana desa, Posyantekdes Karya Bersama sudah mulai aktif digunakan untuk omset desa.

Pihaknya mengaku, sudah membangun satu rumah sewa untuk aset desa. Kemudian, pondasi untuk bangunan gedung serba guna dan bangunan kantor posyantekdes, juga sudah didirikan menggunakan panel.

“Kami terpilih masuk 5 besar nominasi Posyantekdes se Aceh yang di perlombaan oleh DPMG provinsi. Bukan juara yang kami prioritaskan, melainkan bimbingan berkelanjutan yang kami butuhkan untuk mengembangkan inovasi desa melalui Posyantekdes,” ujar Keuchik muda ini.

Ia mengaku, banyak keuntungan membangun bangunan dengan menggunakan panel, selain harganya lebih hemat, juga bisa dibongkar pasang jika sewaktu-waktu ingin dipindahkan.

“Andil Camat Gandapura serta Kadis DPMG-PKB Bireuen, menjadi motivasi dan energi positif tersendiri bagi kami pemerintah desa. Kami juga butuh bimbingan dari provinsi untuk pengembangan posyantekdes yang berkelanjutan,” pungkas Musnawar yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat calon anggota DPRK Bireuen ini.

Disela-sela kunjungan, Kepala Bidang Kawasan, Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh, Wardana MSi mengaku, ada tiga aspek utama yang menjadi prioritas penilaian pemerintah provinsi, yaitu kelengkapan administrasi, pertanggung jawaban di lapangan dan presentasi dari ketua kelompok dan aparatur desa.

“Ada 5 desa yang masuk nominasi Posyantekdes terbaik tahun 2022, yaitu Desa Lapang Timu Bireuen, desa di Aceh Timur, Aceh Tengah, Subulussalam, Aceh Barat dan Nagan Raya. Semoga kedepan, desa-desa lain di Aceh juga dapat mengukir prestasi yang sama,” sebutnya. (akh)

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Hari pertama kerja usai libur Lebaran, 34 ASN Pemkot Banda Aceh alpa

17 April 2024 - 16:02 WIB

Haji Uma Belum Putuskan Maju di Pilkada Mendatang

17 April 2024 - 15:40 WIB

Dubai Banjir Bandang Parah! Ilmuan Sebut Penyebabnya karena Ini

17 April 2024 - 14:52 WIB

Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan

16 April 2024 - 17:56 WIB

Sekda Simeulue: 90 Persen Pegawai Sudah Aktif

16 April 2024 - 17:23 WIB

Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan

16 April 2024 - 17:08 WIB

Trending di UTAMA