Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 22 Jun 2022 04:05 WIB ·

11 Nelayan Aceh Ditangkap di Thailand, Haji Uma Koordinasi dengan Konsulat Songkhla


 Ilustrasi : Belasan nelayan asal Aceh Timur  ditangkap polisi Thailand. Foto kiriman Haji Uma Perbesar

Ilustrasi : Belasan nelayan asal Aceh Timur ditangkap polisi Thailand. Foto kiriman Haji Uma

Harianrakyataceh. Com – Sebanyak 11 nelayan asal Aceh Timur ditangkap oleh otoritas Thailand. Saat ini mereka masih diamankan oleh kepolisian Phuket.

Informasi ditangkapnya 11 nelayan asal Aceh Timur oleh otoritas pemerintah Thailand disampaikan H. Sudirman atau Haji Uma anggota DPD RI asal Aceh setelah berkoordinasi dengan Konsulat Republik Indonesia untuk Songkhla, Thailand, Selasa (21/06/2022).

Haji Uma menyampaikan bahwa sebelumnya para nelayanan Kapal Motor Nanti Idi Cut dilaporkan hilang kontak dengan pemilik kapal sejak tanggal 19 Juni 2022 lalu, kemudian warga menghubungi Haji Uma untuk meminta bantuan menelusuri keberadaan para nelayan.

Selanjutnya Haji Uma menghubungi Nunung Nurwulan, Konsuler Republik Indonesia di Songkhla Thailand

“Kita sudah berkoordinasi dengan dengan Ibu Nunung untuk memastikan keberadaan dan kondisi 11 nelayan asal Idi Cut Aceh Timur yang sempat hilang kontak dua hari lalu,” ungkap Haji Uma

Melalui Haji Uma, Nunung menjelaskan bahwa ada 11 Nelayan Aceh yang ditangkap dan diduga melakukan tindakan melawan hukum di Thailand yaitu dengan melakukan penangkapan ikan di perairan laut Negara Thailand dan sekarang sudah di Amankan oleh kepolisian Phuket Thailand.

Berikut nama-nama nelayan Aceh Timur yang ditangkap di Thailand: Hamdan atau Zidan (Nahkoda), Muslim Isha, Irwan Saputra, Muktar, Syahrul, Isaha, Alazuwan, Khairullah, Atan, Yusuf, Ahmad Jailani.

Setelah pendataan oleh Konsulat RI di Songkhla, sebagian nelayan tidak memiliki KTP, saat ini Haji Uma sudah menugaskan penghubungnya di Aceh Timur untuk melakukan koordinasi dengan pemilik kapal, Panglima Laot Lhok Kuala idi Cut, Polres Aceh Timur dan Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Timur.

“InsyaAllah bersama-sama kita akan bantu, saya berharap kepada keluarga agar tetap tenang, kondisi para nelayan semuanya selamat dan sehat” Jelas Haji Uma.

Haji uma juga tak henti-hentinya mengingatkan kepada nelayan Aceh untuk melakukan evaluasi dan mawas diri walaupun dengan segala macam dalih untuk pembenaran diri terhadap pelanggaran wilayah teretorial sebuah negara.

Kedepan tidaklah menjadi alasan dari sebuah pembenaran sikap kita, sedangkan pada akhirnya kita sendiri yang harus menanggung resiko menjalani proses hukum di negara lain.

Resiko lain juga ikut menimpa keluarga di rumah tanpa ada yang menafkahi serta kerugian Toke kapal akibat kapal miliknya disita negara lain yang seharusnya dapat mempekerjakan belasan orang setiap harinya.

“Kita doakan semoga proses hukum terhadap para nelayan kita berjalan lancar dan dipermudah, sehingga mereka dapat segera berkumpul kembali dengan keluarga masing-masing” tutup Haji Uma. (ra)

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Hari pertama kerja usai libur Lebaran, 34 ASN Pemkot Banda Aceh alpa

17 April 2024 - 16:02 WIB

Haji Uma Belum Putuskan Maju di Pilkada Mendatang

17 April 2024 - 15:40 WIB

Dubai Banjir Bandang Parah! Ilmuan Sebut Penyebabnya karena Ini

17 April 2024 - 14:52 WIB

Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan

16 April 2024 - 17:56 WIB

Sekda Simeulue: 90 Persen Pegawai Sudah Aktif

16 April 2024 - 17:23 WIB

Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan

16 April 2024 - 17:08 WIB

Trending di UTAMA