Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 26 Jun 2022 14:55 WIB ·

Kadis Pertanian Aceh Jaya Hadiri Pra Penas di Maros


 Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya T.Reza Fahlevi, SE, MM foto bersama Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian diwakili oleh Mara Julidar, Sp dan Ketua KTNA Aceh Jaya, Nasruddin, S.AB serta wakil ketua KTNA Aceh Jaya, Muntasir, SA saat menghadiri kegiatan Pra-Penas (Pekan Nasional) Petani dan Nelayan di Maros, Sulawesi Selatan. Foto istimewa Perbesar

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya T.Reza Fahlevi, SE, MM foto bersama Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian diwakili oleh Mara Julidar, Sp dan Ketua KTNA Aceh Jaya, Nasruddin, S.AB serta wakil ketua KTNA Aceh Jaya, Muntasir, SA saat menghadiri kegiatan Pra-Penas (Pekan Nasional) Petani dan Nelayan di Maros, Sulawesi Selatan. Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH.COM – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya T.Reza Fahlevi, SE, MM menghadiri kegiatan Pra-Penas (Pekan Nasional) Petani dan Nelayan di Maros, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sabtu (25/6).

T Reza menyampaikan jika Pra Penas Petani Nelayan 2022 merupakan forum pertemuan pendahuluan sebelum acara Penas Petani Nelayan XVI yang direncanakan diselenggarakan pada 2023 di Sumatera Barat.

Dijelaskan, even empat tahunan ini sebelumnya berlangsung di Aceh atau tepatnya di Stadion Lueng Raya Banda Aceh 6-12 Juni 2017 lalu diikuti utusan dari semua provinsi di Indonesia yang jumlahnya puluhan ribu petani.

Pada Juni 2023, PENAS ke XVI rencananya akan digelar di Padang-Sumatera Barat (Sumbar). Seharusnya, PENAS ke XVI dilaksanakan Juni tahun 2020 lalu di Padang, namun karena pandemi Covid-19, terpaksa diundurkan sampai tahun depan.

Adapun perwakilan Aceh Jaya yang hadir mengikuti Pra Penas adalah Kepala Dinas pertanian  T.Reza Fahlevi, SE MM, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian diwakili oleh Mara Julidar, Sp dan Ketua KTNA Aceh Jaya, Nasruddin, S.AB serta wakil ketua, Muntasir, SA

Sementara itu, Mentan Syahrul saat membuka Pra Penas menegaskan komitmennya dalam memantapkan penguatan komoditi lokal untuk kemandirian pangan. Sekaligus demi meningkatkan kesejahteraan petani serta mengantisipasi krisis pangan global yang saat ini sedang melanda dunia.

Menurutnya, kegiatan Pra Penas adalah bagian konsolidasi konsep dan program Kementan. “Dunia sedang lagi tidak baik-baik, dunia sedang krisis pangan. Indonesia negara ke empat terbesar sekitar 273 juta orang.

Biarkan badai gelombang dunia menghajar pangan, tetapi Indonesia karena ada KTNA siap menjadi negara yang damai, aman dan tenteram,” ujar mantan Gubernur Sulsel itu.

Dia mengungkapkan krisis dunia yang terjadi sekarang membuat banyak negara inflasi. “Ekspor kita naik tahun 2020 sebesar 15 persen, dan 2021 sebesar 38,68 persen itu semua berkat pertanian kita yang banyak menyumbang,” sebut Mentan Syahrul.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan mengajak semua pihak harus menyatukan barisan karena pihaknya mau ekspor besar-besaran. “Jadi kita penuhi kebutuhan nasional sekaligus buat peluang untuk melakukan ekspor ke depan. Yakinlah kita ini adalah pejuang untuk negeri dan bangsa ini, dan besok akan ada sesuatu yang besar yang kita wujudkan lebih banyak,” ujar Mentan Syahrul.

Pra Penas 2022 tersebut juga dihadiri lebih dari 5 ribu peserta, yang terdiri dari pengurus kelompok KTNA di semua tingkatan, PERHIPTANI, pengurus/anggota Forum Komunikasi P4S. Kemudian pengurus/anggota Asosiasi Petani Nelayan, DPA/DPM, perwakilan petani nelayan seluruh Indonesia, aparat pemerintah, asosiasi dan organisasi profesi pertanian, pelaku agribisnis, penyuluh, peneliti dan pemangku kepentingan lainnya.

Mengusung tema Memantapkan Penguatan Komoditi Lokal untuk Kemandirian Pangan, Mentan Syahrul mengajak seluruh pelaku utama pertanian untuk mewujudkan kemandirian pangan. (slm/jpnn)

Artikel ini telah dibaca 105 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Mendagri Beri Arahan Khusus Pj Bupati/Walikota yang Baru di Ruang Kerjanya

15 July 2024 - 21:47 WIB

PBNU Akan Panggil 5 tokoh muda NU Usai Pertemuannya dengan Presiden Israel

15 July 2024 - 15:13 WIB

Jokowi Obral HGU IKN hingga 190 Tahun, PKS: Ini Namanya IKN for Sale!

14 July 2024 - 14:39 WIB

Haji Uma Turut Bantu Pemulangan Remaja Aceh Utara yang Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas di Tangerang

13 July 2024 - 09:57 WIB

Basarnas kerahkan kekuatan penuh cari 17 penambang emas di Gorontalo

8 July 2024 - 14:54 WIB

Jenazah Warga Bireuen Dipulangkan Dari Malaysia, Haji Uma, PPAM dan BP2MI ikut Bantu Fasilitasi

7 July 2024 - 23:17 WIB

Trending di NASIONAL