Peringati HANI, BNN Gelar Gerak Santai

Jalan santai: Kepala BNNK Langsa, AKBP H Basri, SH MH melepas seribuan peserta jalan santai di IAIN Langsa. Rakyat Aceh/Ray Iskandar.

LANGSA – Seribuan warga dan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengikuti jalan santai untuk menyemarakan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2022, di IAIN Langsa, Minggu (26/6).

Jalan santai tersebut di inisiasi oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Langsa bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAIN Langsa.

Dalam peringatan HANI tahun 2022 ini juga mengusung tema ‘Kerja Cepat, Kerja Hebat Berantas Narkotika di Indonesia’.

Pelepasan peserta jalan santai dilakukan oleh Asisten II Pemko Langsa, Ali Musafah, SE didampingi Ketua DPRK Langsa, Maimul Mahdi, S.Sos.

Untuk rute bagi peserta jalan santai dimulai star di depan gerbang IAIN Langsa lalu mengelilingi Gampong Sidodadi lalu masuk ke Gampong Meurandeh, dan kembali ke kampus IAIN Langsa sebagai finishnya dengan jarak tempuh mencapai 3 km.

Usai jalan santai dilakukan penyerahan bibit Tabebuya dari CV. Silva Agro Abadi, oleh Direktur Ir. Andri FR, S.Hut. IPP, kepada Rektor IAIN Langsa, Dr H Basri, dan Kepala BNNK Langsa, AKBP H Basri SH MH, serta unsur Forkompimda Langsa lainnya.

Kepala BNNK Langsa, AKBP H, Basri, SH MH, dalam sambutannya di hadapan masyarakat dan mahasiswa bahwa peringatan HANI jatuh pada 26 Juni 2022 dipusatkan di Aula Seuramoe Teuhah Kampus IAIN Langsa.

Katanya, sejauh ini BNN telah menyita barang bukti sebanyak 914,9 kg sabu, 192,2 ganja, 163 gram ganja sintetik dan 1.053 butir ekstasi dan aset pencucian uang sebesar Rp 9,6 miliar dari 7 sindikat Narkoba berskala internasional berhasil diungkap dan diamankan BNN pada tindakan Hard Power Approuch tahun 2022 dari 21 sindikat Internasional yang berhasil dipetakan.

“BNN telah mencatat, saat ini ada 73 sindikat internasional yang sebagian besar terafiliasi dengan jaringan narkoba di Indonesia,” ujar Basri.

Ketua pelaksana, Cut Maria, S.Sos didampingi Humasnya, Islamsyah, ST MTA, melaporkan bahwa kegiatan gerak jalan santai dihari HANI 2022 di Universitas IAIN Kota Langsa merupakan sebuah terobosan Informasi, Edukasi, untuk mengkampanyekan anti narkoba.

“Kemudian BNN Kota Langsa juga menyediakan doorprize untuk peserta gerak jalan santai sebanyak 150 hadiah hiburan dan juga hadiah utama berupa sepeda dan televisi 21 inci,” jelasnya.

Peringatan HANI tersebut di rangkum dengan kegiatan jalan santai dan pagelaran seni yang ditampilkan oleh mahasiswa kampus serta ada dilakukan donor darah oleh Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa dengan mengumpulkan 17 kantong darah.

“Terimakasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah mensupport kegiatan HANI ini, mari gaungkan War On Drugs untuk menyelamatkan bangsa ini,” imbuh Cut Maria. (ris/rus).