Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

GAYO-ALAS · 29 Jun 2022 07:38 WIB ·

Warga Unung Tenosok Terancam Gagal Panen


 Kondisi Sungai Uning Tenosok  IST/RAKYAT ACEH Perbesar

Kondisi Sungai Uning Tenosok IST/RAKYAT ACEH

BLANGKEJEREN (RA) – Dampak pembuangan material jalan proyek multiyears Blangkejeren-Batas Aceh Timur, warga Desa Uning Tenosok terancam gagal panen, pasalnya material pengerukan tebing jalan di buang ke dalam sungai berhilir ke Uning Tenosok.

Akibatnya material memenuhi aliran sungai yang mendangkal aliran sungai hingga bila musim hujan sungai menjadi banjir dan meluap menghantam areal persawahan warga.
Adi, warga Uning Tenosok, Senin (27/6) menjelaskan warganya terancam gagal panen akibat adanya pendangkalan sungai yang dipenuhi pembuangan material tebing badan jalan, akibatnya sungai jadi dangkal dan air sungai sering meluap merusak intake irigasi masyarakat.

Secara swadaya masyarakat sudah berusaha untuk membuat tanggul dari goni berisi pasir guna membentengi luapan air, namun apa daya kekuatan tanggul goni hanya sementara, dihantam air tanggul jebol lagi.

Warga Uning lainnya, Wen berharap ada perhatian pemerintah guna untuk melakukan normalisasi sungai di Uning Tenosok. Karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Bila tidak segera di lakukan normalisasi bila tidak kerusakan intake irigasi semakin parah.

Terkait dengan kerusakan irigasi dan pendangkalan sungai, Suhaidi, Kepala Pelaksana BPBD Gayo Lues mengatakan sudah menyerahkan kerusakan sungai kepada PUPR karena adanya kerusakan irigasi yang menyebabkan masyarakat tidak bersawah. “Yang akan menanganinya kerusakan sungai nantinya pihak PUPR,” jelas Suhaidi. (yud/bai)

 

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Walau Dijaga Ketat Pengungsi Rohingya di Aceh Barat Terus Kabur

18 April 2024 - 14:42 WIB

Sopir Lupa Tarik Rem Tangan, Truk Meluncur di Jalan Tol

18 April 2024 - 14:36 WIB

Polres Nagan Raya Gelar Patroli Gabungan untuk Tertibkan Tambang Ilegal

18 April 2024 - 10:55 WIB

Hari pertama kerja usai libur Lebaran, 34 ASN Pemkot Banda Aceh alpa

17 April 2024 - 16:02 WIB

Haji Uma Belum Putuskan Maju di Pilkada Mendatang

17 April 2024 - 15:40 WIB

Dubai Banjir Bandang Parah! Ilmuan Sebut Penyebabnya karena Ini

17 April 2024 - 14:52 WIB

Trending di INTERNASIONAL