Gampong Lamteumen Timur Potong 58 Hewan Kurban

Pada Idul Adha tahun ini jumlah sapi kurban yang disembelih di Gampong Lamteumen Timur , Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, meningkat. Foto istimewa

HARIANRAKYATACEH.COM – Sebanyak 58 hewan kurban terdiri dari 42 ekor sapi dan 16 ekor kambing disembelih di Gampong Lamteumen Timur , Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh pada hari pertama Idul Adha, Minggu (10/7/2022).

Keuchik Lamteumen Timur Riazil S Sos. mengatakan pelaksanaan kurban hari pertama, Minggu, 10 Juli 2022, jumlah hewan kurban yang terdaftar di panitia sebanyak 42 sapi dan 17 kambing.

Keuchik Lamteumen Timur Riazil S Sos saat memantau proses penyembelihan hewan kurban, Minggu (10/7/2022). IST

Penyembelihan hewan kurban berlangsung usai shalat Idul Adha yang dikoordinir langsung oleh masing-masing kepala dusun, yaitu Dusun Cempaka 17 ekor sapi dan 8 ekor kambing, Dusun Merak 10 ekor sapi, Dusun Teratai 7 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Kemidian di Dusun Seroja 4 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Dusun Kamboja 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

“Jumlah sapi kurban tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu, sedangkan untuk jumlah kambing masih sama seperti tahun lalu,” ujarnya.

Disebutkan, ada 2. 900 paket daging kurban yang disalurkan, dibagikan kepada yang berhak agar mereka dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan hidangan daging kurban.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, kata Riazil, merupakan agenda rutin di masyarakat Gampong Lamteumen Timur. Kagiatan terbut tidak hanya ibadah kurban semata, melainkan juga sebagai ajang mempererat tali persaudaraan seluruh masyarakat Gampong Lamteumen Timur.

“Hal ini terwujud dari partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban mulai dari gotong royong, penyembelihan hewan kurban,” terangnya.

Pada momentum Idul Adha 1443 Hijriah ini, Keuchik Riazil mengajak masyarakat Gampong Lamteumen Timur untuk berkurban sebagai pembuktian untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. (ra)