Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 19 Jul 2022 21:31 WIB ·

JaDI Langsa Apresiasi Inisiatif Disdukcapil Cetak KTP – el sebagai Hadiah Ulang Tahun


 Ketua JaDI Kota Langsa, Marida Fitriani,MP Perbesar

Ketua JaDI Kota Langsa, Marida Fitriani,MP

HARIANRAKYATACEH.COM – Jaringan Demokrasi Indonesia ( JaDI ) Kota Langsa memberi apresiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil) setempat yang telah berinisiatif melakukan perekaman KTP elektronik bagi pelajar di sekolah .

Fasilitasi berupa pelayanan oleh Disdukcapil tersebut   diperuntukkan kepada para pelajar SMA yang telah berumur 16 tahun keatas dan nanti pada saat ulang tahun ke 17 dapat langsung di cetak KTP – el dan diserahkan sebagai hadiah Ultah .

Demikian disampaikan Ketua JaDI Kota Langsa , Marida Fitriani.MP kepada Rakyat Aceh, Selasa (20/7).

Menurutnya  inisiatif yang dilakukan oleh Disdukcapil merupakan salah satu upaya jemput bola agar para siswa terdata dan memiliki KTP -el yang juga merupakan sebuah kewajiban sebagai penduduk.

Upaya jemput bola yang dilakukan oleh Disdukcapil bukan hanya sekadar pemenuhan atau target kerja dinas tersebut,  akan tetapi ini juga menjadi bagian dari kesiapan Disdukcapil mendukung agenda nasional pemilu serentak 2024 yang akan datang. Ujar Marida Fitriani yang juga mantan komisioner KIP dua periode ini.

Dijelaskannya, bahwa setiap penduduk wajib melaporkan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialaminya kepada Instansi pelaksana dengan memenuhi persyaratan yang diperlukan dalam pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Dan Penduduk yang telah memenuhi syarat mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan, Pelayanan yang sama dalam pendaftaran penduduk, Perlindungan atas data pribadi dan Kepastian Hukum atas kepemilikan dokumen serta Informasi mengenai data hasil pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil atas dirinya dan/atau keluarganya.

Selanjutnya, Disdukcapil Kota Langsa  telah mengambil langkah maju dengan berinisiatif jemput bola bukan hanya melakukan perekaman bagi penduduk yang sudah cukup syarat (17 tahun) namun memfasilitasi pelayanan perekaman bagi yang berumur 16 tahun dan menghadiahkan KTP -el pada saat genap berumur 17 tahun.

Ditambahkannya, bila kita melihat lebih jauh terkait kepemilikan KTP- el bagi penduduk usia remaja atau pemula ini dalam Pemilihan Umum selalu menjadi persoalan dan bahkan bisa disebut persoalan klasik karena selalu muncul dan penyebabnya selalu sama yaitu tidak terdatanya penduduk atau pemilih pemula yang sudah berumur 17 tahun saat pemilu.

” kita berharap dengan inisiatif yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Langsa kiranya dapat meminimalisir persoalan data pemilih pemula yang sebelumnya kerap terjadi” Ucap Marida Fitriani .

Sementara itu , Kepala Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kota Langsa, H.Agussalim SH.MH saat ditemui diruang kerjanya mengatakan kegiatan rekam KTP – el ini dipandang cukup efektif untuk menjaring wajib KTP – el pemula.

“InsyaAllah, kegiatan ini akan konsisten kita lakukan untuk mencapai target cakupan perekaman KTP – el yang sudah di rencanakan oleh Disdukcapil Kota Langsa ” Ujar Bang Agus sapaan akrab Kepala Disdukcapil Langsa.

Semoga kegiatan yang Disdukcapil gelar nantinya juga menjadi bagian dari sosialisasi terkait kewajiban memiliki KTP -el bagi penduduk pemula namun bagi seluruh penduduk Kota Langsa yang telah memenuhi syarat, imbuhnya. (ris)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Irdam Iskandar Muda Resmi Tutup TMMD reguler ke-119 Kodim 0102/ Pidie di Tangse

20 March 2024 - 15:03 WIB

Trending di DAERAH