Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 6 Aug 2022 19:01 WIB ·

Perkuat Kemandirian Lulusan SLB, Cabdin Prakarsai MoU dengan SMK


 Kadis Pendidikan Aceh Alhudri saat menyaksikan penandatanganan MoU Perbesar

Kadis Pendidikan Aceh Alhudri saat menyaksikan penandatanganan MoU

HARIANRAKYATACEH.COM – Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah Banda Aceh – Aceh Besar, Syarwan Joni Spd MPd menyarankan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Pembina Provinsi Aceh untuk melakukan MoU keterampilan vokasional dengan SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya.

Foto bersama di SLBN Pembina Provinsi Aceh.

Saran tersebut disampaikan Syarwan Joni kepada kepala SLBN Pembina Provinsi Aceh Yossi Novianti, SE SPd.

“Kacabdin selama ini banyak memberikan saran dan masukan agar SLBN Pembina lebih baik lagi ke depannya,” ujar Yossi Novianti, Sabtu (6/8/2022).

Salah satu ide yang disampaikan, adalah melakukan MoU dengan SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya tentang keterampilan vokasional, jadi nantinya ada tataboga, tata busana dan juga TIK.

Dengan adanya MoU, maka para guru dan siswa bisa saling magang. Baik di SLB maupun di SMK sehingga keterampilan vokasional yang diprogramkan di SLBN Pembina Aceh bisa berjalan maksimal. Sementara bagi SMKN Al-Mubarkeya juga menerima hasil kerajinan tangan para murid dan guru SLB untuk dibantu dalam pemasaran.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri dan Kacabdin Wilayah Banda Aceh – Aceh Besar, Syarwan Joni saat mengunjungi SLBN Pembina Provinsi Aceh beberapa waktu lalu. Foto istimewa

“Alhamdulillah, semua mendapat perhatian khusus dari Bapak Kacabdin. Jadi, tidak ada perbedaan antara SMA/SMK dan SLB, di sini kita juga selalu dituntut untuk saling bekerjasama dan membantu serta mempromosikan antara SMA/SMK dan SLB,” terangnya.

Program kolaboratif tersebut menurutnya sangat luar biasa. Apalagi dulu ada asumsi jika SLB kurang diperhatikan, namun hal itu sekarang terbantahkan dengan adanya perhatian Besar dari Kacabdin Syarwan Joni

Kacabdin Syarwan Joni memberikan perhatian yang sama, baik SMA/SMK maupun SLB. Bahkan sering berkunjung langsung ke SLB, bukan hanya ke tempat kita tapi juga ke SLB lainnya untuk memberikan semangat, arahan dan bimbingan serta memotivasi para guru.

“Para guru SLB kata Kacabdin sangat luar biasa, loyalitasnya dan kerjakerasnya serta sangat dituntut kesabarannya di dalam mendidik anak anak emas, anak anak berkebutuhan khusus. Ini menjadi penyemangat tersendiri bagi kami warga SLB,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan jika program Kacabdin Syarwan Joni sangat mendukung visi SLBN Pembina Provinsi Aceh, yaitu membentuk dan menghasilkan para lulusan yang mandiri dan berkarakter. Jadi dengan keterampilan vokasional itu diharapkan para anak anak emas memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan karakteristik mereka, sehingga kelak saat mereka lulus mereka dapat berwirausaha sendiri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. (Slm)

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

The Gayo Institute Terbitkan Buku Introspeksi Karya Penyair Aceh

23 July 2024 - 06:22 WIB

Ini Alasan Joe Biden Mundur dari Kandidat Capres Amerika 

22 July 2024 - 15:51 WIB

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar: Pemasangan Bendera ‘Memudar’

22 July 2024 - 15:10 WIB

Kata Kakanwil Meurah Budiman Usai UPP Satgas Saber Pungli Aceh Lakukan Audiensi Dengan Pj. Gubernur Aceh

22 July 2024 - 15:07 WIB

Brigjen Armia Fahmi Pimpin Upacara Pembukaan Diktukba Polri di SPN Polda Aceh

22 July 2024 - 13:40 WIB

Korban Laka Lantas di Aceh Didominasi oleh Pelajar dan Mahasiswa

22 July 2024 - 09:49 WIB

Trending di UTAMA