5 Fitur Samsung Galaxy Watch 5 yang Sayang Anda Lewatkan

Samsung baru saja meluncurkan smartwatch atau arloji pintar beberapa hari lalu. Smartwatch Samsung Galaxy 5 ini dirilis bersamaan dengan dua handphone Samsung terbaru. Dalam rilisnya kali ini, Samsung mengeluarkan 2 jenis arloji pintar, yaitu Samsung Galaxy Watch 5 dan Samsung Galaxy Watch 5 Pro. Bisa dikatakan desain dan spesifikasi keduanya hampir mirip, hanya saja terdapat perbedaan sedikit dalam hal desain yang digunakan.
Smartwatch Samsung Galaxy Watch 5 dan Samsung Galaxy Watch 5 Pro merupakan kali pertama penggunaan nama Pro pada produknya. Pasalnya, versi sebelumnya Samsung menggunakan nama “reguler” dan “Classic”
Penasaran apa saja fitur yang ada pada Samsung Galaxy Watch 5 untuk mempermudah hidup Anda? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!
Fitur Samsung Galaxy Watch 5
  1. Dimensi yang ringan
Samsung Galaxy Wath 5 memiliki dimensi 39,3 x 40,4 x 9,8t dengan bobot 28,7 gram untuk varian 40 mm, serta 43,3 x 44,4, x 9,8t dengan bobot 33,5 gram untuk varian 44 mm. Galaxy Watch 5 tersedia dalam dua ukuran, 40mm dan 44mm. Bodi jam tangan pintar ini dibalut casing aluminium dan strap sporty.
Dimensi yang ringan ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dan berolahraga. Pasalnya, desain yang ringan ini membuat aktivitas Anda lebih lancar dan tidak terhalang oleh desain yang lebar.
  1. Kapasitas baterai yang tinggi
Kapasitas baterai yang dimiliki yaitu 284 mAH (40mm) dan 410 mAH (44 mm). Baik Samsung Galaxy Watch 5 dan Samsung Galaxy Watch 5 Pro memiliki fitur target olahraga sesuai dengan kondisi tubuh serta Realtime Recovery Tracking untuk mencatat waktu istirahat yang dibutuhkan setelah olahraga.
Kapasitas baterai yang tinggi ini merupakan fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna arloji pintar. Pasalnya, salah satu kekurangan dari arloji pintar sebelumnya ialah kapasitas baterai yang kurang. Sehingga, Samsung kini menyempurnakan teknologinya dan meninggikan kapasitas baterai untuk memudahkan berbagai aktivitas luar ruangan penggunanya.
Eits, jangan khawatir, sama seperti fitur Samsung terbaru lainnya, fitur fast charging juga ada pada Samsung Galaxy Watch 5 ini. Anda dapat charge selama 30 menit sudah mencapai 45%. Kapasitas baterai yang cukup tinggi ini membuat Anda tak perlu melakukan charge selama 80 jam. Apabila GPS digunakan maka penggunaannya bisa mencapai 20 jam.
  1. Monitor kesehatan Anda
Fitur lainnya yaitu WiFi, GPS, NFC, Bluetooth 5.2, serta tahan air. Ada juga monitor tidur untuk memantau kualitas tidur, sensor SpO2 untuk mendeteksi kadar oksigen darah, sensor elektrokardiogram (EKG), bahkan monitor tingkat stres. Pengguna juga bisa mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang kesehatan jantungnya, lewat pemantauan tekanan darah dan ECG langsung dari pergelangan tangan.
Salah satu fitur yang paling bermanfaat yaitu adanya pengukuran suhu penggunanya. Fitur ini sangat membantu dalam mendeteksi gejala awal Covid-19 berupa demam, mengingat pengendalian suhu sudah menjadi tugas rutin sejak penyebaran wabah Covid-19 meningkat.
Samsung mengakui bahwa jam tangan pintar perusahaan bukanlah produk jam tangan pintar pertama dengan termometer. Namun, Samsung juga menyatakan bahwa melengkapi arloji dengan sensor saja tidak cukup. Hal ini karena suhu dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti suhu lingkungan yang membuat pembacaan suhu menjadi kurang efektif.
Kemudian, fitur lain yang tak kalah canggih ialah pendekatan personal yang dapat pengguna gunakan untuk menentukan target aktivitas. Selain itu, arloji pintar ini juga dapat memandu pengguna menjalani latihan dan melacak kemajuan. Arloji ini juga mengingatkan Anda untuk mengonsumsi air minum berdasarkan cairan tubuh yang hilang.
  1. Performa yang andal
Dari segi fitur lainnya, Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro tidak jauh berbeda. Performa keduanya ditingkatkan oleh Exynos W920 dual-core 1,18 GHz yang dipasangkan dengan RAM 1,5 GB dan penyimpanan 16 GB.
Samsung juga menggunakan Wear OS 3.5 dengan tampilan One UI Watch 4.5 pada kedua model. Kedua jam tangan pintar tersebut bersertifikat MIL-STD-810H, IP68 dan 5ATM dan dapat menyelam hingga kedalaman 50 meter.
Baik Galaxy Watch 5 maupun Galaxy Watch 5 Pro dilengkapi dengan Samsung BioActive (optical heart rate + electrical heart rate signal + bioelectrical impedance analysis), sensor suhu, akselerometer, barometer, sensor gyro, sensor geomagnetik, dan sensor cahaya.
  1. Warna yang apik
Samsung menghadirkan tiga pilihan warna untuk ukuran 40mm yakni graphite, pink gold dan silver. Model 44mm tersedia dalam grafit, safir dan perak.
Galaxy Watch5 menawarkan pengalaman yang komprehensif. Bukan hanya untuk aktivitas fisik, tetapi juga fase pasca-latihan, istirahat, dan proses pemulihan.
Untuk membelinya, Anda sudah dapat pre-order di Indonesia mulai 10 Agustus hingga 1 September 2022 di berbagai situs marketplace rekanan Samsung, salah satunya di Blibli.com. Untuk harganya, Galaxy Watch 5 40 mm seharga Rp. 3.499.000 dan Galaxy Watch 5 44 mm seharga Rp. 3.999.000. Tunggu apalagi, yuk segera pesan Samsung Galaxy Watch 5 sekarang juga!