Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 17 Aug 2022 22:39 WIB ·

Perdana, Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Laut di Wilayah Pulau Simeulue 


 Perdana, Pengibaran Bendera Merah Putih Bawah Laut di Wilayah Pulau Simeulue  Perbesar

HARIANRAKYATACEH.COM – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Simeulue, gelar upacara pengibaran bendera Merah Putih‎ di bawah laut dan ternyata perdana dalam sejarah wilayah kepulauan yang berada di bagian Barat Negara Kesatuan Republik Indonesia, Rabu, 17 Agustus 2022.

Pengibaran bendera Merah Putih bawah laut, yang diketahui serentak di 77 titik lokasi yang ada di wilayah NKRI dan urutan nomor 73, titik pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut, ditetapkan dalam wilayah perairan laut pulau Simeulue, dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 tahun.

Pengibaran bendera Merah Putih bawah laut itu, yang digelar di kawasan perairan laut pulau “Tugu NKRI” Teluk Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue yang melibatkan personel TNI Angkatan Laut, Basarnas, Possi dan FFI.

Upacara pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut untuk memperingati HUT RI ke 77 tahun, dengan panjang tiga meter dan lebar dua meter, di kedalaman laut sekitar 10 meter berlangsung lancar tanpa kendala yang di dukung cuaca bersahabat.

Pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih bawah laut itu, di jelaskan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Simeulue, Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto, kepada Harian Rakyat Aceh.

“Perintah dari bapak Kasal, pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut secara nasional di 77 titik serta satu titik di laksanakan diperairan laut Kabupaten Simeulue. Ini merupakan kehormatan untuk daerah kita serta kegiatan perdana dan pertama TNI AL melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut di Kabupaten Simeulue, Alhamdulillah, berlangsung sukses dan lancar tanpa kendala,” kata Danlanal Simeulue‎.

Lebih lanjut sebut Danlanal Simeulue, sukses dan lancarnya pelaksanaan kegiatan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut itu, ‎adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah setempat, sehingga nantinya tahun depan akan kembali menggelar kegiatan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut.

“Dengan sukses dan lancarnya pengibaran bendera Merah Putih bawah laut ini, atas dukungan masyarakat dan pemerintah, maka tahun depan akan kembali kita laksanakan upacara serupa. Peserta upacara hari ini akan kita berikan piagam ata sertifikat,” kata Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto.

‎Dipilihnya lokasi pengibaran bendera Merah Putih bawah laut di kawasan perairan laut pulau kecil yang ada dikawasan Teluk Sinabang itu, yang awalnya di namakan pulau Balok, kemudian disulap menjadi lokasi pembangunan untuk Tugu NKRI, pada masa era pemerintahan Bupati Darmili.

Pada saat itu Provinsi Aceh sedang dilanda konflik dan Kabupaten Simeulue di kunjungani Susilo Bambang Yudhoyono, selaku Menkopolhutkam RI dan langsung meletakan batu pertama‎ dimulai pembangunan Tugu NKRI dan pelaksanaan penimbunan untuk menaikan dan pengerasan permukaan pulau tersebut.

Alasan rencana untuk menyulap pulau yang dapat dijangkau dengan transportasi laut itu, menjadi lokasi Tugu NKRI, oleh Bupati Darimili pada masa itu, untuk melindungi warga dan daerahnya, benar-benar bersih dan tidak terlibat dalam konflik yang sedang terjadi di Provinsi Aceh.  ‎

Namun setelah tahapan penimbunan permukaan pulau tersebut, kelanjutan tahapan pembangunannya juga tidak teralisasi hingga saat ini, bahkan hingga Susilo Bambang Yudhoyono selesai masa jabatan sebagai Menkopolhutkam, kemudian terpilih menjadi Presiden RI‎, hingga selesai masa priodenya.

‎Nasib pembangunan Tugu NKRI itu, semakin terkatung-katung hingga selesai dua priode pemerintahan Bupati Darimili, Bupati Riswan NS hingga periode Bupati Erli Hasyim. Namun kemudian Lanal Simeulue melakukan upaya pembersihan dan perawatan terhadap pulau yang memiliki historis masa lalu saat sedang terjadi konflik di Provinsi Aceh.

Lanal Simeulue menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih bawah laut, Rabu, 17 Agustus 2022 dan sebelumnya, Selasa, 16 Agustus 2022, telah dilakukan upacara perdana di pulau Tugu NKRI, dengan inspektur upacara, yakni Pj Bupati, Ahmadlyah yang diikuti unsur Forkopimda. (ahi)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Maju Calon Bupati, Begini Penegasan Tim Pemenangan Deni Irmansah

25 February 2024 - 20:01 WIB

Pembukaan Badan Jalan TMMD Capai 30 Persen

25 February 2024 - 19:17 WIB

Germa Desak Safaruddin Tampil di Pilkada

25 February 2024 - 18:17 WIB

Terobos Lampu Merah dan Tabrak Mobil, Pengendara Sepmor Patah Tukang Kaki

24 February 2024 - 22:23 WIB

Dandim Abdya Pererat Silaturrahmi dengan Wartawan

24 February 2024 - 12:07 WIB

Kades Alue Manggota Apresiasi Kodim Abdya Buka Jalan Pegunungan 3,2 Kilometer

24 February 2024 - 09:26 WIB

Trending di NANGGROE BARAT