Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 23 Aug 2022 13:30 WIB ·

Warga Reje Guru Amankan ODGJ Perusak Makam Muyang Kute


 Kapolsek Bandar Iptu Jufrizal saat akan membawa ODGJ tersebut ke RSU Muyang Kute Bener Meriah Ahad (20/8).MASHURI | RAKYAT ACEH Perbesar

Kapolsek Bandar Iptu Jufrizal saat akan membawa ODGJ tersebut ke RSU Muyang Kute Bener Meriah Ahad (20/8).MASHURI | RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Seseorang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) kembali diamankan warga setelah beberapa kali melakukan pelecehan terhadap makam keramat Muyang Kute Bener Meriah yang berlokasi di Kampung Blang Jorong Kecamatan Bandar.

ODGJ yang sebelumnya sempat melarikan diri dari RSU Muyang Kute Bener Meriah  tersebut diamankan setelah kembali mengotori makam dengan membuang bulu dan isi perut ayam serta  celana dalam di makam Muyang Kute  pada Minggu (22/8).

Seperti diketahui, Muyang Kute atau disebut  Syech Abdurrauf, merupakan ulama besar yang memiliki jasa mengembangkan Agama Islam di dataran tinggi  Gayo dan daerah pesisir Aceh.

“ Perbuatan seperti ini sudah Empat kalinya dilakukan ODGJ ini sehingga masyarakat resah dan terpaksa harus mengamankan ODGJ dari rumahnya dan diserahkan ke Polsek Bandar untuk di bawa kembali Ke RSU Muyang Kute,” ungkap Eman kepada Rakyat Aceh.

Disebutkannya, perbuatan tidak menyenangkan tersebut pertama kali dilakukan 17 Juli 2020 lalu. Ia membuang air kecil di kuburan serta serta menaruh celana dalam berwarna merah di atas batu nisan.

Aksi bejad tersebut juga disiarkan secara langsung di akun facebook miliknya atas nama Wira Gayo Coffee, sehingga para perwakilan dari lima kampung resah dan sempat mendatangi Polres Bener Meriah untuk membuat laporan Polisi.

Setelah membuat laporan tersebut pihaknya baru mengetahui bahwa pelaku pelecehan merupakan ODGJ dan pada tanggal 1 Agustus 2022 lalu ODGJ tersebut kembali melakukan terror kedua dengan merusak atap rumah makam dan kembali menaruh celana  dalam di tengah kuburan Muyang Kute.

Tak terima dengan perlakuan itu, puluhan warga  dibantu Personil Polsek Bandar langsung mengamankan ODGJ tersebut dan membawanya ke RS Muyang Kute Bener Meriah untuk mendapat perawatan.

Sayangnya belum sempat dirawat ODGJ tersebut langsung melarikan diri dan kembali mendatangi makam Muyang Kute dengan membawa celana dalam membuang air kecil di makam keramat tersebut.

Terakhir, Minggu (21/8) ODGJ  ini pun lagi-lagi mendatangi makam dan melakukan perbuatan tidak menyenangkan untuk  mengotori kuburan dengan membuang bulu dan isi perut ayam di kuburan.

Eman juga berharap agar pihak RSU Muyang Kute Bener Meriah tidak lagi membuat kesalahan dan harus bertanggung jawab penuh atas perawatan ODGJ tersebut. “ Jika tidak sanggup segera rujuk sebab sudah meresahkan warga,” ujaranya.

Pihaknya juga menyesalkan Pihak RSU yang sebelumnya tidak bertanggung jawab atas kaburnya pasien ODGJ tersebut dari RSU. “ Mereka hanya mengeluarkan surat atas kaburnya pasien ODGJ tersebut namun tidak melakukan pencarian,” katanya.

Ia menjelaskan, Muyang Kute merupakan tokoh ulama besar yang sangat terkenal dan memiliki pengaruh  besar dalam penyebaran islam dan saat ini namanya juga saat ini digunakan sebagai RSU Muyang Kute Bener Meriah.

Tak heran katanya banyak warga yang resah dan tidak terima terima atas perlakuan ODGJ tersebut serta  berharap pihak RSU benar-benar menjaga dan merawat ODGJ tersebut dengan baik hingga sembuh total.

 

 

Artikel ini telah dibaca 138 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ratusan masyarakat Aceh Barat deklarasi dukung Bustami maju di Pilkada 2024

20 July 2024 - 21:25 WIB

Danrem Lilawangsa Intruksikan Kodim Aceh Utara Bangun Dapur Umum 

20 July 2024 - 20:30 WIB

Kodim 0103/Aceh Utara Peringati 1 Muharram 1446 H Dengan Menggelar Doa Bersama.

20 July 2024 - 16:39 WIB

Aceh Utara Berduka, 226 unit Rumah dan Kedai Rusak

19 July 2024 - 11:35 WIB

Puting Beliung Rusak 53 Rumah Warga Nibong dan Langkahan Aceh Utara

19 July 2024 - 09:59 WIB

Kodim 0102/Pidie Gelar Doa Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

18 July 2024 - 14:06 WIB

Trending di DAERAH