Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 24 Aug 2022 16:23 WIB ·

Akademisi Bireuen Isi Materi Pendidikan Politik di Bener Meriah


 Dua akademisi Bireuen, Rahmad S Sos MAP dan Zulkifli MKom, mengisi materi di Bener Meriah, Selasa (23/8).  AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Dua akademisi Bireuen, Rahmad S Sos MAP dan Zulkifli MKom, mengisi materi di Bener Meriah, Selasa (23/8). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Badan kesatuan bangsa dan politik Provinsi Aceh mengelar sejumlah kegiatan pendidikan politik masyarakat di sejumlah kabupaten/kota di Aceh dalam rangka menyukseskan pemilu serentak 2024.

Pendidikan tersebut turut mengundang beberapa pemateri dari kalangan akademisi, diantaranya juga turut mengundang dua akademisi Bireuen yaitu, Rahmad S Sos MAP dan Zulkifli MKom, untuk mengisi materi di Bener Meriah.

Kesbangpol Aceh menggelar pelatihan pendidikan politik kepada masyarakat selama tiga hari terhitung sejak 23 – 26 Agustus di Aula setdakab Bener Meriah, Selasa (23/8).

Kepada media ini, Akademisi Bireuen Rahmad S Sos MAP membenarkan bahwa dirinya diundang untuk mengisi materi di Bener Meriah.

“Pendidikan politik memiliki arti yaitu sebuah cara yang sistematis untuk mengubah sesuatu yang ada kaitannya dengan perjuangan dalam berpolitik, yang mana cara tersebut ditujukan pada masyarakat agar mereka paham betul peran, fungsi, dan hak, beserta kewajibannya selaku warga negara,” ujarnya.

Ia menyebutkan, berdasarkan (UU) NO. 2 Tahun 2011 tentang partai politik menjelaskan bahwa pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sesungguhnya pendidikan politik kepada masyarakat bukanlah sepenuhnya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi merupakan tanggung jawab partai politik juga. Dengan adanya dana bantuan keuangan yang diberikan oleh pemerintah kepada partai politik yang mendapat kursi di DPRK, diharapkan agar diprioritaskan untuk pendidikan kader partai,” pungkasnya.

Diketahui, di Bener Meriah materi disampaikan oleh bagian politik dalam negeri kesbangpol Aceh, kesbangpol kabupaten/kota dan sejumlah akademisi seperti Dra Zahara MPd, Harun SH MH, Rahmad SSos MAP (Bireuen) dan Zulkifli MKom (Bireuen). (akh)

 

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kunker ke Kodim Aceh Utara, Ini Pesan Danrem 011/Lilawangsa

27 February 2024 - 17:22 WIB

PNL Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Sumut dan Aceh

27 February 2024 - 15:02 WIB

Satgas TMMD ke-119 Kodim 0102/Pidie dan Warga Beungga Terus Kerja Keras Buka Jalan Pertanian

27 February 2024 - 13:24 WIB

Sambut HUT Persit, Kodim 0111/Bireuen Gelar Donor Darah

26 February 2024 - 17:35 WIB

RKDG Smart Cempaka Conektion Laksanakan Pelatihan Literasi Digital

25 February 2024 - 19:47 WIB

Kolaborasi Satgas TMMD ke-119 Kodim 0102/Pidie dengan Masyarakat Bersihkan Lingkungan Cegah Banjir dan Demam Berdarah

25 February 2024 - 09:05 WIB

Trending di DAERAH