Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 4 Sep 2022 15:23 WIB ·

Kepala BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri MPd, Stunting dan Imunisasi Sangat Berkaitan Erat


 Kepala BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri MPd, saat memberi materi pada kegiatan Gisa dan evaluasi dana desa. (Humas BKKBN Aceh) Perbesar

Kepala BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri MPd, saat memberi materi pada kegiatan Gisa dan evaluasi dana desa. (Humas BKKBN Aceh)

HARIANRAKYATACEH.COM – Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (Gisa) serta evaluasi dana desa dalam rangka percepatan penurunan stunting dan menyambut Hari Kesehatan Nasional HKN ke-58 pada tanggal 12 November 2022.

Kegiatan Gisa tersebut di hadiri 287 peserta dan dilaksanakan di aula Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Singkil, Jumat, 2 September 2022.

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aceh dr Taqwallah MKes, Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis ST DEA, Kepala BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri MPd, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif dan BPMG menjadi narasumber utamanya.

Sekda Aceh dr Taqwallah MKes, menjabarkan 10 intervensi stunting.
Pertama untuk remaja pemberian tambah darah (TTD) dan screening Anemia.

Kedua untuk ibu hamil pemeriksaan kehamilan, pemberian tablet tambah darah (TTD) dan pemberian makanan tambahan bagi ibu kurang energi kalori KEK.

Ketiga untuk balita, pemantauan tumbuh kembang, ASI ekslusif, pemberian makanan tambahan protein hewani bagi balita, tata laksana balita dengan masalah gizi, peningkatan cakupan dan perluasan jenis imunisasi.

Pada awal kegiatan semua berjalan lancar dan terjadi gempa bumi 5.0 maknitudo lokasi gempa 15 km Tenggara Kabupaten Aceh Singkil (sumber BMKG) namun semua kegiatan berjalan lancar.

Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis ST DEA dalam arahannya, mengajak seluruh komponen yang terlibat dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Aceh Singkil untuk saling mendukung dan bekerja sama dan dirinya sebagainya pimpinan daerah tentu akan bekerja lebih keras lagi, sehingga dapat hasil maksimal.

Sedangkan untuk kegiatan yang sama juga dilaksanakan di aula Pendopo Kota Subulussalam yang di ikuti oleh 205 peserta dan dihadiri para kepala SKPA, kepala dinas/badan, para camat, para keuchik, para Kepala Puskesmas, bidan desa/koordinator, para penyuluh Keluarga Berencana se-Kota Subulussalam sebagai peserta aktif pada kegiatan tersebut.

Kepala BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri MPd dalam berbagai kesempatan pada Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh GISA tersebut memaparkan materi peran BKKBN Aceh bersama OPD-KB dalam percepatan penurunan stunting dengan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang KB Fisik dan BOKB yang ada di kabupaten/kota.

Lebih lanjut Kepala BKKBN menjelaskan, secara rinci tugas dari masing-masing Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang terdiri 3 tiga orang ibu bidan sebagai koordinator pendampingan keluarga dan pemberi layanan, kader PKK sebagai penggerak dan fasilitator atau mediator pelayanan bagi keluarga, dan kader KB sebagai pelapor dan pencatatan data perkebunan pelaksanaan pendampingan keluarga atau kelompok sasaran.

Wakil Walikota Subulussalam Drs Salmaza MAP, menerima buku dan video cd Gerakan Imunisasi dan Stunting Aceh (GISA) dari Sekda Aceh dr Taqwallah MKes sebagai panduan pelaksanaan GISA diwilayahnya dengan harapan intervensi stunting tepat sasaran. (ril)

Kepala BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri MPd, saat memberi materi pada kegiatan Gisa dan evaluasi dana desa. (Humas BKKBN Aceh)

Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pemko Subulussalam dan Pemkab Gayo Lues Jalin Kerjasama Atasi Inflasi

23 July 2024 - 21:17 WIB

Karang Taruna Aceh Tenggara Gelar Temu Karya Daerah 2024

23 July 2024 - 17:37 WIB

Amal Hasan: Perlu Dukungan Regulasi Untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif di Aceh Jaya

23 July 2024 - 15:09 WIB

Said Mulyadi-Saiful Anwar Kantongi SK Cabup-Cawabup Dari PKB

23 July 2024 - 13:50 WIB

21 Warga Namo Buaya Tunjuk YARA sebagai Kuasa Hukum Terkait Penertiban Sertipikat Tanah

22 July 2024 - 20:23 WIB

PT PIM Edukasi 500 Anak SD Bersama PDGI

22 July 2024 - 16:40 WIB

Trending di DAERAH