Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 5 Sep 2022 17:49 WIB ·

Lueng Bata Bagikan 2 Ribu Bibit Alpukat untuk Warga


 FOTO BERSAMA - Asisten I Setdako Banda Aceh, Bachtiar dan Keuchik Luengbata, Kurniawan Putradian serta Peneliti BRIN, Basri A Bakar, foto bersama usai penanaman bibit alpukat di Meunasah Gampong Luengbata, Kecamatan Luengbata, Banda Aceh, Senin (5/9/2022). Perbesar

FOTO BERSAMA - Asisten I Setdako Banda Aceh, Bachtiar dan Keuchik Luengbata, Kurniawan Putradian serta Peneliti BRIN, Basri A Bakar, foto bersama usai penanaman bibit alpukat di Meunasah Gampong Luengbata, Kecamatan Luengbata, Banda Aceh, Senin (5/9/2022).

HARIANRAKYATACEH.COM I BANDA ACEH – Gampong Lueng Bata, Banda Aceh membagikan ribuan bibit alpukat kepada warganya, pada Senin (5/9/2022) di gampong tersebut. Pembagian bibit alpukat itu merupakan bagian dari program ketahanan pangan.

Dalam acara pembagian bibit yang dihadiri sejumlah pejabat Pemko Banda Aceh itu, Asisten I Setdako Banda Aceh, Bachtiar melakukan penanaman perdana di salah satu perkarangan rumah warga setempat.

Keuchik Lueng Bata, Kurniawan Putradian mengatakan, program pembagian bibit alpukat itu merupakan program ketahanan pangan yang digagas oleh Gampong Lueng Bata. Sehingga anggarannya bersumber dari dana desa, karena secara aturan, 20 persen dana desa diamanahkan untuk program ketahanan pangan.

Ia merincikan, dalam pembagian itu, ada 971 penerima di Gampong Lueng Bata. Setiap keluarga mendapatkan dua bibit alpukat jenis aligator dan 1 kg pupuk kompos kualitas super.

“Penggunaan dana desa yang 20 persen diharuskan untuk ketahanan pangan, kami gunakan untuk pengadaan bibit alpukat aligator. Bagi saya, program ini sangat tepat dan akan dilaksanakan secara berkelanjutan,” ujar Kurniawan.

Sementara, ahli dari Badan Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh, Dr Ir Basri A Bakar M.Si mengatakan, program ketahanan pangan yang digalakkan oleh pemerintah, direspons oleh Gampong Lueng Bata dengan membagikan bibit alpukat aligator.

Menurutnya, alpukat aligator sangat cocok ditanam untuk kawasan seperti Lueng Bata. Karena ketinggian normal untuk alpukat 300-1.000 meter di atas permukaan laut. “Saat menanam harus diperhatikan teknisnya, mulai bibit bersertifikasi, cara penanamannya, pemeliharaan, pemupukan, hingga penyiraman,” ujarnya.

Ia yakin jika ditangani dengan baik, maka 2,5 tahun kedepan akan membuahkan hasil yang bagus. Jika sukses, Lueng Bata bisa dicanangkan sebagai gampong alpukat.

Sementara Tuha Peut Lueng Bata, Prof Jamaluddin mengapresiasi atas langkah yang sudah diambil pihak gampong dalam mendukung ketahanan pangan. Bahkan, pihak gampong sudah berkoordinasi dengan Tuha Peut terkait pembagian bibit tersebut. “Saya yakin, InsyaAllah penanaman pukat aligator di gampong lueng bata akan sukses,” ujarnya. (ra)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bahas Program Kerja, Kadisdik Dayah Audiensi dengan Kejati Aceh

20 February 2024 - 20:01 WIB

Pasien Alami Kebutaan, IDI Selidiki Dugaan Malpraktek di RSUDZA

20 February 2024 - 19:26 WIB

Pj Bupati Aceh Besar Bersama Istri Hadiri Lepas Sambut Danyonif Raider 112/DJ

20 February 2024 - 12:25 WIB

Bersama USK, PEMA Bahas Teknologi Pendeteksi Gempa dari Jerman

20 February 2024 - 09:00 WIB

Kombes Pol Shobarmen: Bekerja Semangat Merupakan Modal Keberhasilan dan Kesuksesan

19 February 2024 - 19:21 WIB

Kolonel Pnb Hantarno Edi Sasmoyo, M.Han Jabat Danlanud SIM

19 February 2024 - 19:19 WIB

Trending di METROPOLIS