Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 5 Sep 2022 08:24 WIB ·

Perangkat dan Masyarakat Guhang Bersama Babinsa Bersihkan Drainase


 Perangkat Desa Guhang bersama Babinsa dan pendamping gampong menurunkan alat berat untuk membersihkan saluran drainase, Minggu (4/9). RAHMAT/RAKYAT ACEH Perbesar

Perangkat Desa Guhang bersama Babinsa dan pendamping gampong menurunkan alat berat untuk membersihkan saluran drainase, Minggu (4/9). RAHMAT/RAKYAT ACEH

BLANGPIDIE (RA) – Perangkat Gampong Guhang bersama anggota Koramil atau Babinsa Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya melaksanakan gotong royong membersihkan drainase atau selokan yang ada dalam Desa setempat, Minggu (4/9).

Pembersihan selokan tersebut dilakukan agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menyebabkan banjir saat hujan lebat. Hal itu dilakukan dalam rangka pencapaian untuk mengatasi kesulitan masyarakat petani membersihkan selokan yang tersumbat karena rumput, sampah daun-daun dan plastik.

“Gotong royong yang kita lakukan ini sebagai bentuk pemeliharaan saluran drainase atau selokan. Jika tidak kita bersihkan, maka dampak ruginya pada masyarakat petani karena sewah tergenang air jika banjir,” kata Keuchik Gampong Guhang, Venny Kurnia.

Apalagi lanjutnya, saat ini sedang memasuki musim penghujan. Sehingga banyak drainase atau parit yang tersumbat oleh sampah dan rumput ilalang. “Makanya kita bersihkan, biar airnya mengalir secara lancar, sehingga bisa mencegah terjadinya banjir,” ucap Venny.
Venny menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan secara meraton. Untuk kegiatan pertama dilakukan dengan menurunkan alat berat dengan tujuan agar selain saluran drainase, juga dapat dibersihkan semak belukar sepanjang saluran tersebut.

“Jika kita lakukan secara manual, saluran ini sangat berat kita bersihkan, makanya kita turunkan alat berat. Selain membersihkan saluran juga sekaligus dapat dibersihkan hutan semak belukar,” ujarnya.

Selain saluran itu tambahnya, pihaknya juga akan membersihkan sejumlah saluran drainase lain yang ada didalam Gampong tersebut. “Pada saluran yang lain nanti, kita akan lakukan gotong royong bersama-sama secara manual, yang dijadwalkan pada pekan depan,” sebutnya.

Sementara itu, salah seorang petani dilokasi gotong royong menyebutkan, dengan dibersihkan saluran tersebut, dirinya mengaku sangat senang, lantaran sawah miliknya tidak terjadi kebanjiran pagi pada saat hujan lebat.
“Memang sangat parah tersumbat saluran itu, jika hujan pasti akan terjadi genangan air dalam sawah akibat saluran tersumbat,”katanya. (mat/bai)

 

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kunker ke Kodim Aceh Utara, Ini Pesan Danrem 011/Lilawangsa

27 February 2024 - 17:22 WIB

Satgas TMMD ke-119 Kodim 0102/Pidie dan Warga Beungga Terus Kerja Keras Buka Jalan Pertanian

27 February 2024 - 13:24 WIB

Maju Calon Bupati, Begini Penegasan Tim Pemenangan Deni Irmansah

25 February 2024 - 20:01 WIB

Pembukaan Badan Jalan TMMD Capai 30 Persen

25 February 2024 - 19:17 WIB

Germa Desak Safaruddin Tampil di Pilkada

25 February 2024 - 18:17 WIB

Kolaborasi Satgas TMMD ke-119 Kodim 0102/Pidie dengan Masyarakat Bersihkan Lingkungan Cegah Banjir dan Demam Berdarah

25 February 2024 - 09:05 WIB

Trending di DAERAH