Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 28 Sep 2022 14:44 WIB ·

Haji Uma Ikut Belasungkawa atas Wafatnya Ulama Karismatik Aceh Abu Tumin


 Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman yang biasa dikenal Haji Uma turut berduka dan merasa kehilangan wafatnya Abu Tumin Perbesar

Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman yang biasa dikenal Haji Uma turut berduka dan merasa kehilangan wafatnya Abu Tumin

HARIANRAKYATACEH.COM | JAKARTA – Innalilahi Wainnailaihi Raji’un, Ulama karismatik Aceh, Teungku Muhammad Amin Mahmud Syah atau akrab disapa Abu Tumin Blang Bladeh dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 27 September 2022.

Ia wafat pukul 15.45 WIB dalam usianya yang ke-90 tahun di Rumah Sakit Fauziah Bireuen, Aceh. Abu Tumin sebelumnya telah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin sejak Senin sore pukul 18:30 WIB, 29 Agustus 2022.

Abu Tumin merupakan salah satu ulama paling berpengaruh di Aceh. Abu Tumin Blang Bladeh merupakan pimpinan Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh, Jeumpa, Bireuen. Dayah ini didirikan pada 1890 oleh kakek Abu Tu Min, Teungku H. Imam Hanafiah.

Abu Tu Min dikenal sebagai ahli fiqh mazhab Syafii dan ahli thariqat Al-Haddadiyah serta menguasai kitab Syarah Al-Hikam karangan Syeikh ‘Ataillah As-Sakandari.

Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman yang biasa dikenal Haji Uma turut berduka dan merasa kehilangan wafatnya Abu Tumin, Haji Uma sangat merasa kehilangan saat mendengar kabar duka meninggalnya tokoh agama Aceh.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka cita atas wafatnya Abu Tumin. Kita semua sangat merasa kehilangan, semoga Abu menjadi Ahli Surga dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” kata Haji Uma, mendoakan Abu Tumin.

Lanjutnya, “Abu Tumin merupakan ulama kharismatik dikenal satu-satunya ulama yang mampu menjawab persoalan umat dalam setiap kegiatan seperti muzakarah-muzakarah di Aceh,” ujar Haji Uma, Rabu (28/9/2022).

Menurut Haji Uma, dengan wafatnya Abu Tumin, merupakan ulama yang tertua di Provinsi berjuluk Bumi Serambi Mekah, tentu membuat rakyat Aceh merasa kehilangan sosok ulama tertua dan telah menciptakan kader ulama lainnya.

“Kita Doakan guru rohani (Abu Tumin) menjadi Ahli Surga dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, serta ilmu yang telah di wariskan kepada ulama-ulama lainnya bisa dilanjutkan, Aminn,”pungkasnya. (ra)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Komnas HAM: Pemerintah Harus Jaga Tulang Belulang di Rumoh Geudong Korban Pelanggaran HAM di Aceh

29 March 2024 - 16:32 WIB

YARA Ajukan Permintaan Dokumen Pengelolaan Parkir Dishub dan RSUD Subulussalam

29 March 2024 - 15:34 WIB

Launching Berkah PLN Mobile, Pelanggan PLN di Aceh Bisa Mendapatkan Hadiah Umrah

29 March 2024 - 14:59 WIB

Bagaimana Hukum Mengerjakan Sholat Tarawih Tapi Belum Sholat Isya? Simak Penjelasannya!

29 March 2024 - 14:48 WIB

LPTQ Aceh Gelar Haflah Tadarus Ramadhan di Masjid Tungkop

29 March 2024 - 14:46 WIB

Persentase Kelulusan SNBP 2024 Siswa Aceh Capai 42,12 Persen, Meningkat dari Tahun Lalu

29 March 2024 - 14:26 WIB

Trending di UTAMA