Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 29 Sep 2022 20:37 WIB ·

Ditengah Kondisi Inflasi, Pemkab Aceh Besar dan DPRK Gencar Salurkan Bantuan


 Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, SIP, MM menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk lansia yang ada di Kabupaten Aceh Besar.
Penyerahan pertama PMT dari pemkab aceh besar melalui Dinas Sosial tersebut diperuntukan bagi 40 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilaksanakan di Aula Kantor Camat Simpang Tiga, Aceh Besar, Rabu (28/9/2022). Foto ist Perbesar

Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, SIP, MM menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk lansia yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Penyerahan pertama PMT dari pemkab aceh besar melalui Dinas Sosial tersebut diperuntukan bagi 40 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilaksanakan di Aula Kantor Camat Simpang Tiga, Aceh Besar, Rabu (28/9/2022). Foto ist

RAKYATACEH.COM | KOTA JANTHO – Ditengah kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil pasca pandemi Covid-19 dan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar gencar menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat ke seluruh Aceh Besar.

Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM mengatakan, Pemkab Aceh Besar bersama DPRK berjibaku menyusun strategi penyaluran bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan, melalui Dinas Sosial Aceh Besar, saat ini Pemkab sedang dalam proses penyaluran Bantuan Makanan Tambahan (BMT) untuk lansia.

“Untuk BMT lansia Pemkab akan menyalurkan 752 paket makanan tambahan untuk menambah nutrizi dan gizi para lansia di Aceh Besar yang berasal dari dana Otonomi Khusus (Otsus),” kata Muhammad Iswanto, Kamis (29/9).

Selain bantuan untuk lansia, Pemkab Aceh Besar juga telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada masyarakat. BLT BBM adalah salah satu bantuan sosial yang disalurkan pemerintah guna menekan dampak kenaikan harga BBM. BLT BBM ini akan diberikan kepada 20,65 juta penerima di seluruh Indonesia. “BLT yang diterima warga dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu meringankan beban ekonomi rumah tangga,” harap Pj Bupati Aceh Besar.

Iswanto juga mengatakan, selain bantuan sosial untuk lansia dan BLT BBM, Pemkab Aceh Besar juga manyalurkab bantuan lainnya, seperti bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), bantuan untuk penanganan stunting bagi balita dan ibu hamil. “Untuk UEP itu sendiri banyak jenisnya, Pemkab menyalurkan UEP untuk para disabilitas, korban napza dan untuk masyarakat lainnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan UEP tersebut sebagai upaya Pemkab Aceh Besar membangkitkan kembali semangat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Aceh Besar yang merupakan sektor pendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kita terus mendorong usaha masyarakat agar terus tumbuh dan berkembang, Pemkab akan selalu hadir untuk membantu masyarakat, melalui Dinas terkait kita terus mendorong agar usaha masyarakat tidak mati,” tegas Iswanto.

Ia menambahkan, untuk sektor UMKM sendiri, baru-baru ini Pemkab Aceh Besar melalui dinas terkait juga sudah mengusulkan 16.167 calon penerima bantuan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2022.

“Ini bukti kepedulian Pemerintah Aceh Besar dalam menangani persoalan sosial, kita komit untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat, apalagi untuk usaha ekonomi produktif, karena pelaku UMKM merupakan kunci peningkatan ekonomi, tentu saja inflasi hari ini mengganggu produktivitas UMKM, oleh karena itu kita tidak ingin geliat UMKM Aceh Besar mati akibat inflasi yang terjadi,” ungkap nya.

Lebih lanjut, Muhammad Iswanto menjelaskan bahwa pada sektor penanganan stunting, Pemkab Aceh Besar sangat konsen memberikan bantuan penurunan stunting di Aceh Besar, melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Dinas Kesehatan melakukan intervensi spesifik secara langsung kepada masyarakat yang terindikasi stunting.

“Kita sudah bentuk tim percepatan penanganan stunting, bantuan PMT bagi balita dan ibu hamil itu menjadi kerja bersama, selain Dinkes dan TP PKK, Dinsos juga terlibat dalam hal itu, jadi, semua OPD mengambil perannya masing-masing demi kesejahteraan masyarakat Aceh Besar,” tuturnya

Pun demikian, Iswanto menegaskan pemerintah saat ini juga sangat serius dalan menangani masalah ketenagakerjaan. Hal itu dilakukan untuk mengatasi bertambahnya persentase tingkat pengangguran di Aceh Besar.  Baru-baru ini Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Besar lakukan Pelatihan kejuruan pengelasan dan pelatihan kejuruan menjahit dasar. 

“Dengan kegiatan ini diharapkan akan terciptanya keahlian bagi tenaga kerja dan tentunya diharapkan pula tenaga kerja yang telah memiliki keahlian dapat bekerja secara mandiri dan menciptakan lapangan kerja, sehingga akan berkurangnya angka pengangguran di Kabupaten Aceh Besar,” harapnya.

Untuk itu,   Iam enyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam menyukseskan berbagai penyaluran dan program bantuan sosial di Aceh Besar, Terutama tim dari tim pilar sosial, DPRK, TNI, Polri dan semua pihak yang turut membantu. 

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan penyaluran berbagai bantuan ini. Mudah-mudahan masyarakat kita dapat merasakan manfaat langsung dari bantuan tersebut,” demikian harapan Muhammad Iswanto SSTP MM, Pj Bupati Aceh Besar. (ra)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

166 Siswa MA Aceh Besar Diterima Kuliah Lewat Jalur Prestasi

28 March 2024 - 13:51 WIB

Tingkatkan Keamanan, Kemenkumham Aceh Rssmikan Blok Hunian Maximum Security di Lapas Banda Aceh

27 March 2024 - 05:03 WIB

Trending di METROPOLIS