Ayo ke Perpus Aceh, Mudahnya Daftar Anggota Baru Via Aplikasi

BANGUNAN lima lantai berada di kawasan Lamnyong Banda Aceh tersebut tampak megah. Sejak resmi dibuka untuk umum Maret 2022 silam, Perpustakaan Wilayah Aceh (Puswil) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) di Jalan T Nyak Arief, Lamnyong, Banda Aceh sellau ramai dikunjungi. Bahkan pelayanan yang diberikan juga sangat baik.

Bagi siapa saja yang datang, petugas di Layanan Informasi yang ada di bagian depan akan mengarahkan pengunjung yang ingin mendapatkan Pendaftaran Anggota Baru dan Bebas Pustaka. Petugas akan mengarahkan ke loket pelayanan di bagian kedalam gedung itu yang berjarak sekitar 5 meter dari meja Layanan Informasi. Petugas loket pun akan meminta pengunjung baru untuk melakukan scan barcode yang ada disana. Scan barcode kemudian masuk dan mendaftar melalui link yang tersedia setelah scan berhasil.

Suasana di ruang perpustakaan Aceh

Pengunjung juga akan diminta untuk memfollow akun medsos Instagram milik DPKA yakni @arpusaceh dan mengunduh iPustaka Aceh-2022. Saat mengunduh aplikasi iPustaka Aceh-2022, pengunjung akan diminta data diri lengkap.

Setelahnya, ikuti semua tahapan yang ada di link pendaftaran online anggota baru tersebut hingga nama kamu nantinya akan dipanggil nantinya oleh petugas untuk memperoleh kartu fisik anggota. Kartu anggota ini wajib dibawa jika ingin meminjam buku di perpusatakaan tersebut, karena petugas akan melakukan scan pada kartu tersebut dan buku yang akan dipinjam.

Untuk aplikasi iPustaka Aceh-2022 juga, pengunjung dapat menikmati berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. Termasuk diantaranya dapat membaca buku secara online melalui aplikasi tersebut. Jika sering dan aktif meminjam serta membaca buku maka nama anda akan muncul di fitur halaman depan aplikasi sebagai Anggota Aktif Terbaik.

“Layanan disini lengkap, sudah ada tempat bermain untuk anak dan aneka buku pilihan yang bisa dipinjam baik buku anak-anak ataupun buku ilmiah serta sejarah. Pengunjung juga dapat menikmati akses internet disini secara gratis,” ujar Rini, mahasiswi USK yang sedang membaca buku teknik.

Yuk, ke Perpuswil. Dalam waktu dekat Perpuswil akan berubah menjadi Mall Baca dengan sarana dan prasarana lebih lengkap, salah satunya fasilitas rooftop dengan Cafe Literasi di lantai paling atas.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Edi Yandra menyampaikan, keberadaan perpustakaan dapat menjadi bahan alternatif masyarakat dalam mendapatkan informasi dan mengembangkan pengetahuan teknologi. Karena menurutnya, perpustakaan berperan dan berkontribusi untuk membangun masyarakat. Perpustakaan bukan hanya sebagai gudang ilmu pengetahuan, tapi juga untuk tempat berkegiatan masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup untuk kesejahteraan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) Dr. Edi Yandra S.STP, M.SP.

Maka itulah, Perpustakaan harus dikelola secara benar dan profesional. Hal ini ditandai dengan jumlah tenaga perpustakaan yang cukup, serta kredibel dalam melakukan tugas kepustakawanan.  Dirinya berharap, program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat serta mengurangi kemiskinan dari berbagai aspek kehidupan yang akhirnya meningkatkan literasi. Bahkan saat ini, Provinsi Aceh telah mereplikasi 68 perpustakaan desa. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh untuk tahun ini juga mereplikasi 28 desa di kabupaten/kota mitra tahun 2022, masing-masing kabupaten berjumlah empat desa.

Dalam upaya menumbuhkan minat baca, DPKA bekerjasama dengan perangkat gampong (desa) menyediakan pojok baca di beberapa gampong di Aceh. Program ini merupakan program dari perpustakaan pusat yang bekerja sama dengan perpustakaan daerah dan desa. “Saat ini perpustakaan tidak hanya diidentikkan dengan pinjam buku dan baca buku, namun sudah merambah ke inklusi sosial. Tentunya dengan konsep ini bisa melahirkan peningkatan ekonomi masyarakat. Intinya kalau pustaka gampong itu, ada penghasilan atau usaha mikro masyarakat yang dipamerkan di pustaka. Nantinya akan dicatat, apa produknya dan berasal dari mana,” ujarnya.

Dijelaskan, buku yang disediakan di perpustakaan gampong pun disesuaikan dengan kebutuhan di gampong tersebut. Ia mencontohkan, seperti buku-buku pengetahuan pertanian atau bercocok tanam, buku teknik budiaya, buku untuk anak-anak dan jenis buku lainnya yang dibutuhkan masyarakat di gampong tersebut.

Bukan hanya itu, perpustakaan gampong juga memiliki pusat data tentang produk-produk potensial hingga produk yang dihasilkan oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di gampong tersebut. Sehingga setiap orang yang berkunjung ke perpustakaan gampong akan mendapatkan informasi detail tentang gampong itu.

Saat ini, sudah ada delapan kabupaten dan kota yang sudah mendapat dukungan perpustakaan gampong yang terdiri dari rak buku, meja baca, perangkat keras seperti komputer dan lain-lain. Delapan kabupaten kota tersebut yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Besar, Nagan Raya, Gayo Lues, Bireuen, Meulaboh dan Aceh Timur. Itu delapan kabupaten kota yang sudah mendapatkan fasilitas program transformasi berbasis inklusi sosial.

Untuk meningkatkan literasi, DPKA juga akan membuat pojok baca di tempat-tempat yang ramai dikunjungi. Seperti kafe, rumah sakit, fasilitas umum dan beberapa tempat lainnya. Dirinya menegaskan jika pojok baca tidak hanya sebagai tempat meletakkan buku bacaan tentang birokrasi. Penempatan buku pada pojok baca nantinya juga akan disesuaikan dengan tempatnya. Seperti di rumah sakit, akan disediakan pojok baca khusus tentang buku kesehatan, masalah penyakit, tanaman obat (herbal) dan lainnya.

Pihaknya mengaku tidak bisa bekerja sendiri dalam mengontrol minat baca masyarakat, melainkan harus berkolaborasi dengan pegiat literasi yang bergerak di tengah-tengah masyarakat.

PANDUAN MENDOWNLOAD DAN MENGGUNAKAN IPUSTAKAACEH

Kini membaca ebook lebih mudah dan menyenangkan dengan menggunakan iPustakaAceh pada android maupun pada PC Anda.

Berikut langkah-langkah untuk mendownload dan menggunakan iPustakaAceh :

  1. Bagi pengguna android, download iPustakaAceh di Play Store atau klik disini , Bagi pengguna PC, download di sini
  1. Registrasi anggota atau login dengan menggunakan facebook atau email.

Jika email Anda belum terdaftar, maka Anda akan diarahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu, masukkan biodata dan password Anda, kemudian klik lanjutkan, lalu admin iPustakaAceh akan mengirimkan Anda email, silahkan melakukan verifikasi pada kotak masuk email Anda dan selamat Anda telah terdaftar iPustakaAceh.

Jika registrasi melalui facebook, pastikan aplikasi facebook Anda dalam keadaan login, kemudian pada aplikasi iPustakaAceh lanjutkan melalui facebook sebagai (tertera nama facebook Anda), jika alamat email facebook Anda belum teregistrasi maka harus melakukan registrasi terlebih dahulu, masukkan biodata Anda dan password Anda, silahkan melakukan verifikasi pada kotak masuk email Anda dan selamat Anda telah terdaftar iPustakaAceh.

Gunakan fitur yang terdapat pada iPustakaAceh :

  1. Koleksi

Temukan beragam judul e-book dengan berbagai katagori yag dapat Anda pinjam dan baca kapan saja dan dimana saja. Fiksi hingga fotografi dapat dengan mudah Anda dapatkan disini.

  1. ePustaka

Hanya dengan ujung jari, Anda bisa menjadi anggota berbagai perpustakaan yang ada di iPustakaAceh . Pilih perpustakaan dan daftar sebagai anggota epustaka yang Anda inginkan, pinjam bukunya, serta sampaikan ulasan sembari mendapatkan teman baru.

  1. Feeds

Temukan informasi buku-buku terbaru koleksi pada epustaka yang ada di iPustakaAceh dan cari tahu juga buku terbaru milik teman Anda.

  1. Rak Buku

Rak buku virtual milik Anda untuk melihat koleksi buku yang telah anda pinjam.

  1. Pengingat

Memberitahukan kepada Anda tentang aktivitas follower serta following Anda dan kotak masuk pesan dari teman Anda. (adv)