Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 3 Nov 2022 07:28 WIB ·

Banjir Bandang Agara Telan Dua Korban Jiwa


 Rumah warga yang rubuh karena diterjang banjir bandang Selasa (1/11) malam sekitar pukul 23.30 WIB. Nauval/rakyat aceh Perbesar

Rumah warga yang rubuh karena diterjang banjir bandang Selasa (1/11) malam sekitar pukul 23.30 WIB. Nauval/rakyat aceh

RAKYAT ACEH | KUTACANE – Banjir bandang kembali menerjang Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Selasa (1/11) malam sekitar pukul 23.30 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tenggara Nazmi Desky mengatakan, air bah datang tiba – tiba menelan dua korban jiwa, Samine (55) dan anaknya Siah Indah (15). Keduanya tercatat sebagai warga Rambung Jaya, Kecamatan Darul Hasanah.

“Korban sebelumnya dinyatakan dibawa air. Tadi pagi jenazah keduanya ditemukan telah meninggal dunia dengan kondisi tertimbun material banjir,” kata Nazmi Desky, Rabu (2/11).

Dikatakan banjir bandang secara tiba- tiba pada tengah malam itu, menerjang tiga desa yaitu Desa Lawe Pinis, Rambung Teldak dan Rambung Jaya, Kecamatan Darul Hasanah.
Musibah berdampak kepada 450 Jiwa, atau terhadap 170 Kepala Keluarga. Data sementara bencana alam ini juga merusak sembilan unit rumah warga kualifikasi rusak berat dan 80 lainnya rusak ringan.

“Para korban banjir dan kerugian material sedang dilakukan pendataan. Banjir juga memutuskan akses jalan antar desa,” katanya lagi.
Air juga merusak sejumlah jembatan, seperti jembatan Lawe Pinis rusak parah, jembatan Lawe Sawi Mude. Oprit Jembatan Lawe Mamas rusak.

Dinas Sosial Dirikan Dapur Umum
Kepala Dinas Sosial Aceh Tenggara, Bahagiawati turun ke lapangan meninjau banjir di Kecamatan Darul Hasanah, juga telah mendirikan dapur umum, di lokasi banjir.
“Dinas Sosial juga sudah menyiapkan mobil dapur umum untuk korban terdampak selama 14 Hari. Kita juga juga telah berkoordinasi dengan balai Bahagia Medan dan Kementrian Sosial Indonesia terkait musibah” katanya.

Pj Bupati Turun ke Lokasi
Penjabat (Pj) bupati Aceh Tenggara Syakir, didampingi Sekda MHD Ridwan, turun dan meninjau langsung lokasi bencana alam banjir bandang terjadi di Desa Lawe Pinis dan Rambung Teldak, Kecamatan Darul Hasah, Aceh Tenggara, Rabu (2/11).

“Selain korban jiwa banjir membuat sejumlah fasilitas umum rusak seperti badan jalan dan jembatan penghubung antar kecamatan dan desa putus total,” kata Nazmi Desky kepala pelaksana BPBD Aceh Tenggara mengatakan

Data sementara BPBD Aceh Tenggara menjelaskan, bencana alam di dua desa ini ini berdampak terhadap 300 jiwa di dua desa tersebut. Bahkan sembilan unit rumah warga rusak berat dan 80 lainnya rusak ringan, dengan total kerugian mencapai milyaran rupiah.
Selain merendam pemukiman warga, banjir disebabkan tingginya Intensitas Hujan, di wilayah ini juga merusak fasilitas umum. Bahkan Korban terdampak banjir mencapai 95 kepala keluarga (KK) dengan jumlah jiwa mencapai 402 orang. Dan tersebar di enam Kecamatan atau sebanyak 19 desa. (val/min)

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Pj Gubernur Dampingi Menko PMK Kunjungi Warga Penerima Bantuan Pemerintah

27 March 2024 - 22:21 WIB

Upaya Stabilitasi Harga, Pemkab Aceh Besar Gelar Bazar Pangan Murah di Simpang Tiga

27 March 2024 - 17:42 WIB

Pj Bupati Aceh Besar dan Kapolresta Banda Aceh Launching Kampung Bebas Narkoba di Lheu Blang

27 March 2024 - 17:34 WIB

Trending di UTAMA