Blang Poroh Siap Pasarkan Produk UMKM Lewat Pemasaran Digital 

RAKYATACEH | LHOKSEUMAWE – Tim pengabdian dari Universitas Malikussaleh melakukan pelatihan Taktik dan Strategi Pemasaran Digital kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Gampong Blang Poroh Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Selasa (8/11/2022).

Pengabdian dengan pelatihan komunikasi pemasaran digital usaha masyarakat itu menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya yaitu, Kamaruddin Hasan MSi, dosen Ilmu komunikasi Universitas Malikussaleh, Muchlis M.Sos, tentang Strategi pengembangan Bisnis Era Digital, dan Syauqi Alfaizi mahasiswa Ilmu Komunikasi Unimal yang mengajarkan tentang proses editing video.

Ketua pengabdian kepada masyarakat, Teuku Kemal Fasya MHum mengatakan, ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Unimal kepada masyarakat dalam bentuk pemberdayaan yang berdampak langsung secara ekonomi kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dengan pimpinan masyarakat di Gampong Blang Poroh.

“Program ini berbasis pada potensi gampong yaitu dengan menganalisis jenis usaha dan akan lebih maju jika memiliki strategi pemasaran. Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat kepada pelaku usaha di Gampong Blang Poroh,” katanya.

Geuchik Gampong Blang Poroh, Abdullah menyampaikan terima kasih kepada pihak Unimal yang telah memilih Blang Poroh salah satu gampong pengabdian untuk mengajari para pelaku usaha ekonomi produktif yang ada di di desa tersebut.

“Dengan Kehadiran dosen dari Unimal ini diharapkan bisa membangkitkan semangat produksi pemasaran usaha-usaha yang ada dalam masyarakatnya,” ungkap Abdullah.

Ia menyebutkan, saat ini di gampongnya ada berbagai jenis usaha masyarakat seperti Usaha Kelulut, Sapu Lidi, Budidaya Capung sebagai pakan, dan ada usaha-usaha lain yang menjadi industri rumah tangga.

“Dengan kehadiran tim pelatihan dari Unimal, semoga bisa menggerakan ekonomi masyarakat kami, dan program pelatihan ini diharapkan bisa dilakukan berkelanjutan untuk pembinaan kelompok usaha yang ada di gampong kami,” tuturnya, dalam keterangannya kepada Rakyat Aceh.

Tim pengadilan yang terlibat dalam pelatihan tersebut adalah Teuku Kemal Fasya MHum selaku ketua, dan anggotanya Muchlis MIKom, Kamaruddin MSi, Richa Meliza MA, Dedi Fariadi MPd, dan Jufridar MSM, dan turut dibantu oleh mahasiswa, Siti Aisyah dan Febriansyah.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh pelaku usaha, aparatur gampong, dan tokoh masyarakat yang ada di gampong Blang Poroh.(arm/ra).