DAS Krueng Keumala Meluap, Warga Cemas

RA

RAKYATACEH | SIGLI – Warga di sejumlah kecamatan yang mendiami Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Tiro, Krueng Keumala, Krueng Reubee Delima, cemas datangnya banjir menyusul setiap hari hujan turun mengguyur Kabupaten Pidie.

Kecamatan yang sering terendam banjir adalah Kecamatan Keumala, Kecamatan Sakti, Kecamatan Mutiara Timur, Kecamatan Pidie, Kecamatan Kembang Tanjong, Kecamatan Delima.

Selanjutnya, banjir luapan sungai juga sering menimpa warga di Kecamatan Kota Sigli, Kecamatan Indrajaya, Kecamatan Padang Tijie, serta Kecamatan Peukan Baro.
Dampak dari hujan yang terus menerus turun mengguyur Kabupaten Pidie, sehingga pihak Muspika Kecamatan Sakti menggelar rapat mengatasi bencana banjir.
Dalam rapat tersebut, disamping dibahas upaya penanganan banjir, juga dibahas kawanan gajah bisa kembali mencati makan di Kecamatan Sakti dan Keumala.

Sementara itu, Camat Sakti, Nurjannah mengimbau agar masyarakat tetap waspada dimusin penghujan dan tidak membuang sampah ke dalam selokan atau saluran irigasi petani.

Menurut Camat Sakti, dimusim penghujan sekarang ini Bendung Tiro dan Keumala, serta sejumlah irigasi lainnya bisa meningkatkan kapasitas air, sehingga mencurah deras ke pemukiman penduduk di seputarnya.

Menurut catatan media ini, Krueng Keumala dan Krueng Baro Raya, jika banjir menggenangi pemukiman penduduk di Kecamatan Keumala, Kecamatan Sakti, Kecamatan Mutiara, Kecamatan Indrajaya, Kecamatan Pidie, serta Kecamatan Kota Sigli.

Sedangkan amukan Krueng Tiro, menyapu ke Kecamatan Mutiara Timur, Kembang Tanjong, serta sebagian besar masyarakat di Kecamatan Tiro. (ana/rus)