Dilokasi Banjir Bandang Prajurit TNI Bangun Sanitasi Air Bersih

Anggota Kodim 0108/Aceh Tenggara melakukan pemasangan pipa untuk ketersediaan air bersih masyarakat berdampak banjir bandang, Senin (7/11). IST/RAKYAT ACEH

RAKYATACEH | KUTACANE – Dalam rangka mencukupi ketersedian air bersih bagi warga berdampak banjir bandang, prajurit Kodim 0108/Aceh Tenggara bersama warga lakukan upaya pengadaan sumber air bersih dilokasi pengungsian.

Komandan Kodim 0108/Aceh Tengara, Letkol Inf Mohammed Sujoko mengatakan, penyediaan air bersih untuk warga berdampak banjir di dua lokasi yaitu Desa Rambung Teldak dan Desa Rambung Jaya, Kecamatan Hasanah.

“Kita dari TNI jajaran Kodim 0108/Aceh Tenggara akan terus melakukan upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam banjir dan longsor,” kata Dandim Letkol Inf Muhammed Sujoko, Senin (07/11).

Dikatakan, sanitasi air bersih dibangun dengan cara sederhana yaitu dengan cara di aliri melalui pipa yang diambil lagsung dari mata air di pegunungan didaerah tersebut. “Kita berharap, sumber air bersih ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, untuk kepentingan kehidupan sehari-hari mereka yang terdampak bencana,” katanya.

Dijelaskan, selama ini keberadaan prajurit Makodim 0108/Aceh Tenggara dilapangan, juga telah melakukan kerja bakti dilokasi banjir.

Kerja Bakti dilakukan seperti, pembersihan pemukiman dari material batu, lumpur dan kayu pasca bencana. Begitu juga kerja bakti dilakukan di fasilitas umum, jalan nasional dan perumahan masyarakat yang terdampak bencana. (val/bai)