Pengurus MPU Aceh Jaya 2022-2027 Dikukuhkan

RAKYAT ACEH | CALANG – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin mengukuhkan pengurus Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Jaya masa bakti 2022-2027 di aula Lantai III Setdakab setempat, Rabu, 9 November 2022.

Pengukuhan 19 pengurus MPU Aceh Jaya ini turut disaksikan Kapolres Aceh Jaya, Kasdim Aceh Jaya, Ketua Mahkamah Syar’iyah, Kepala Kankemenag Aceh Jaya, Ketua MAA, Kepala Dinas Syariat Islam dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah.

Penunjukkan Tgk. Hammadi sebagai Ketua MPU Aceh Jaya beserta pengurus berdasarkan hasil pemilihan yang telah digelar beberapa waktu yang lalu dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Aceh Jaya Nomor: 451.7/361/2022 tentang pengurus dan dewan kehormatan majelis permusyawaratan ulama Kabupaten Aceh Jaya masa bakti 2022-2027.

Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, mengucap selamat kepada pengurus MPU yang baru dikukuhkan dan memberikan apresiasi kepada pengurus sebelumnya yang telah menjalan kepengurusan selama satu periode.

“Terimakasih kepada pengurus MPU periode sebelumnya yang sudah menjalankan peran dan fungsinya dengan baik, terutama tenaga, pikiran, ilmu dan kesempatan untuk kemajuan Kabupaten Aceh Jaya,” ungkap Dr Nurdin.

Menurutnya, peran ulama dan umara sebagai pemimpin umat harus selalu ditingkatkan agar mengarah dan mengawal umat Islam dalam menanamkan aqidah Islamiyyah, membimbing umat dalam menjalankan ibadah serta menuntun umat dalam mengembangkan akhlakul karimah. Sehingga terwujudnya masyarakat Aceh Jaya yang khairu ummah atau ummat terbaik.

Pj Bupati berharap pengurus MPU yang baru dilantik agar bersinergi dengan pemerintah dalam implementasi pelaksanaan syariat Islam di Aceh Jaya, meskipun harus menghadapi berbagai tantangan seiring perubahan zaman di era yang semakin komplek ini.

Ia menambahkan, silahturahmi antara alim ulama dan umara dapat ditingkatkan dalam berbagai kegiatan, karena ulama dan umara bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan, sehingga setiap permasalahan yang hadir akan secara tepat dalam penanganannya.

“Semoga melalui momentum yang baik ini dapat menjadi ajang silaturahmi serta mempererat hubungan persaudaraan antara para alim ulama dan umara di Kabupaten Aceh Jaya tercinta ini,” ujarnya.

Dr Nurdin mengatakan, agama Islam hadir di muka bumi ini adalah sebagai agama rahmatan lil’alamin, didalamnya bukan hanya saja mengatur bagaimana tata cara berdoa dan berzikir saja. Namun, melebihi dari pada itu, Islam juga sangat peduli dalam kontestasi pemilihan calon pemimpin

“Hal ini tentunya dikarenakan aspek kepemimpinan yang begitu besar dampaknya bagi keberlangsungan kehidupan umat dan masyarakat kita” jelas Dr Nurdin.

Kepada pengurus MPU yang baru dikukuhkan, Dr Nurdin berharap agar dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya, khusunya dalam penuntasan isu-isu kegamaan, baik dari sisi aqidah, syariah dan muamalah.

“Kami pemerintah selalu senantiasa siap berdampingan dengan MPU dalam menjalankan setiap hal yang berkaitan keberlangsungan umat di Aceh Jaya” tutupnya. (ril/hen)