Jaksa Pidie Jaya Blender 499 Gram Sabu

Kajari Pidie Jaya, Oktario Hartawab Ahmad, Wakil Bupati, Said Mulyadi dan Ketua DPRK setempat, A. Kadir Jailani memusnahkan BB narkotika. Ikhsan/Rakyat Aceh.

RAKYATACEH | MEUREURDU – Sebanyak 499,15 gram narkotika jenis sabu-sabu dan 970 gram ganja yang merupakan barang bukti tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap dimusnahkan Kejari Pidie Jaya dengan cara diblender.

Pemusnahan barang bukti tersebut merupakan dari 11 perkara tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu dan tiga perkara jenis ganja. Seribuan gram barang bukti narkotika itu dilakukan pemusnahan di halaman kantor Kejari Pidie Jaya, Rabu (9/11).

Kajari Pidie Jaya, Oktario Hartawan Achmad menyebutkan, barang bukti narkotika yang dimusnahkan itu adalah barang bukti yang disisihkan untuk dihadirkan sebagai barang bukti pada saat persidangan untuk 11 perkara sabu-sabu dan tiga perkara ganja.
Kata dia, kurun waktu barang bukti sejumlah 498,15 gram sabu-sabu dan 970 gram ganja adalah barang bukti perkara sejak 15 Maret hingga 11 Oktober 2022. Dan karena perkara tersebut telah berkekuatan hukum tetap, maka seluruhnya atas perintah pengadilan dilakukan pemusnahan.

“Atas perintah pengadilan yang telah incraht, barang bukti dari 11 perkara sabu-sabu dan tiga perkara ganja, kita lakukan pemusnahan sebagai langkah hukum lanjutan atas perkara itu,” ujar Oktario.

“Setiap ada perkara (narkotika), berat barang buktinya berapa disisihkan sedikit untuk pembuktian di persidangan, itulah yang dititipkan ke kita (Jaksa),” jelasnya.

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut lanjut Oktario juga sudah termasuk barang bukti tindak pidana peredaran 106 Kg sabu-sabu hasil tangkapan BNN RI beberapa waktu lalu.
Selain sabu-sabu dan ganja, Kejari Pidie Jaya juga turut memusnahkan barang bukti berupa lima unit telepon seluler. (san/rus).