Masyarakat Blang Glong Meriah Peringati Maulid

Masyarakat Gampong Blang Glong melayani tamu dari masyarakat gampong tetangga untuk menikmati menu khenduri Maulid di gampong tersebut.

RAKYATACEH | MEUREUDUE – Masyarakat Gampong Blang Glong, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Sabtu (12/11) kemarin dengan meriah merayakan maulid mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan maulid yang dilaksanakan masyarakat Blang Glong tersebut dipusatkan di meunasah gampong setampat. Berbagai macam kegiatan dilaksanakan pada peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan itu diantara, khenduri dengan berbagai macam menu hidangan yang disiapkan oleh masyarakat setempat untuk dinikmati tamu dari masyarakat gampong tentangga.

Selain khenduri maulid untuk masyrakat dari gampong tentangga, masyarakat Blang Glong yang diparkasai oleh pemuda setempat menggelar acara tausiah yang disampaikan oleh Tgk Yusri Gade, pimpinan Dayah Rabitul Muta’alimin, Al Azizyah, Meureudu.

Sebelum hari puncak pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad, seluruh masyarakat Gampong Blang Glong dengan penuh kekompakan dan kebersamaan melaksanakan gotong royong membersihkan kampung dan perkarangan meunasah.

Tak hanya, satu unit jembatan gantung yang berada persis di depan Meunasah Gampong Blang Glong dihias sedemikian rupa. Bahkan lantai jembatan gantung tersebut dibentangkan karpet merah.

Keuchik Gampong Blang Glong Abdul Hafiq, mengatakan, sudah menjadi tradisi dan budaya masyarakat khususnya masyarakat Blang Glong, setiap datangnya bulan Maulid, masyarakat gampongnya menyambut dengan perasaan suka cita tanda kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Kata dia, seluruh masyarakat sangat antusias dan seluruhnya ikut berpartisipasi dalam kegiatan mengenang hari lahir nabi dan perjuangan-perjuangannya dalam mentauhidkan seluruh umat manusia.

” Alhamdulillah, kegiatan peringatan maulid yang kita laksanakan tahun ini sukses dan meriah. Semua ini berkat dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat terkhusus anak-anak muda gampong yang sepekan sebelumnya telah mempersiapkan segala sesuatu,” ujar Abdul Mufiq dengan bangga kepada masyarakatnya. (San).