Atim Terima Bantuan Mensos

Kepala Desa (Kades) Seuneubok Simpang, Zulkifli, berbincang serius dengan petugas dari Kemensos RI usai menyerahkan bantuan sosial berupa modal usaha untuk salah satu KPM di desanya. Maulana/ Rakyat Aceh.

RAKYATACEH | IDI – Kementerian Sosial (Kemensos) RI, menyalurkan bantuan sosial terhadap pelaku usaha di Kabupaten Aceh Timur, baik usaha jualan kios, jualan jajanan anak-anak, usaha ternak ayam dan bebek. Bantuan tersebut diserahkan langsung ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Gampong Seuneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur.

Adapun tim yang ditugaskan pihak Kemensos RI ke Aceh Timur untuk menyerahkan bantuan adalah Rr. Ety Racmiati selaku Peksos Ahli Madya Sentra Terpadu Pengundi Luhur Bekasi dan Minarningsih sebagai Peksos Ahli Madya.

Keuchik Gampong Seuneubok Simpang, Zulkifli, Minggu (13/11) menjelaskan, bantuan sosial yang diserahkan tersebut bertujuan untuk mendongkrak ekonomi masyarakat, sehingga nantinya masyarakat bisa lebih mandiri dengan usahanya, baik usaha jualan jualan kios, jualan makanan/minuman anak-anak, dan usaha ternak ayam/bebek.

“Bantuan yang diserahkan ini berdasarkan permohonan masyarakat yang dikirim ke Kementerian Sosial RI di Jakarta. Setelah profosal tiba di Jakarta, lalu ibu Menteri Sosial menugaskan tim ke desa kami untuk dilakukan pengecekan dan asesmen ulang ke lokasi pemohon,” katanya.

Dikatakan, setelah dilakukan asesmen sebulan yang lalu, akhirnya bantuan dicairkan dengan metode dibelanjakan langsung dan diserahkan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai dengan Rincian Anggaran Belanja (RAB) yang diusulkan calon penerima.

“Bantuan dalam bentuk barang, bukan dalam bentuk uang. Alhamdulillah, kami berterimakasih ke ibu Menteri Sosial di Jakarta, atas bantuan sosial yang diserahkan ke masyarakat kami di daerah pedalaman. Semoga bantuan sosial ini dapat membangkitkan usaha ekonomi mereka sebagai jalan menopang hidup dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Zulkifli.

Adapun penerima bantuan sosial ini antara lain Muhammad Ishaq, Aji Usman, Idris, Mika Saftavia, Mizulfuadi, Nur Jannah, Katijah, M Husen, Muhammad Aziz, dan Muhammad Adnan. “Sebenarnya ada 11 calon penerima bantuan sosial ini, namun salah satunya telah meninggal dunia sebulan yang lalu,” kata Zulkifli.

Untuk bantuan usaha ternak ayam dan bebek, Kemensos RI juga ikut membantu pakan seperti dedak, jagung giling, vitamin, tempat makan, minum ayam atau bebek serta biaya perbaikan kandang.

“Begitu juga dengan untuk usaha juala kios yang disertai makanan/minuman anak-anak, bantuan yang diserahkan termasuk kulkas dan peralatan dapur,” sebut Zulkifli.

Sebelumnya, Kementerian Sosial RI juga telah menyerahkan bantuan sosial untuk usaha jualan kios dan ternak kambing di desa yang sama. “Kita tidak menyangka seluruh usulan masyarakat diterima dan dan cairkan. Ini luar biasa dan kami berharap ke depan bantuan tersebut dapat dilanjutkan dimasa yang akan datang,” ujar Zulkifli.

Sementara itu, Camat Darul Aman, Azani, SE, dikonfirmasi terpisah membenarkan adanya penyerahan bantuan sosial di wilayahnya. Bantuan tersebut bersumber dari Kemensos RI di Jakarta.

“Kita berharap, bantuan yang sudah diterima masyarakat ini dapat membangkitkan semangat usaha ekonomi rakyat, baik pelaku usaha ternak ayam, bebek, dan jualan kios,” pungkasnya. (mol/rus).