110 Etnis Rohingya Terdampar Lagi

RAKYAT ACEH | KRUENG MANE – Sekitar 110 etnis Rohingya terdampar di pesisir Pantai Desa Meunasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, Krueng Mane, Aceh Utara, Selasa, 15 November 2022.

Camat Kecamatan Muara Batu, Nawir, yang dihubungi Rakyat Aceh, membenarkan warga berjuluk manusia perahu, kembali terdampar di ujung barat Kabupaten Aceh Utara atau sekitar 23 km dari Kota Lhokseumawe.

Saat ini, mereka sudah diamankan di Meunasah Lhok dan terus dipantau oleh tim Polsek, Koramil dan pak keuchik beserta perangkat gampong sekaligus memberikan bantuan makanan tanggap darurat.

“Jumlah sementara terdata ada 110 orang,” kata Camat Nawir. 

Dirincikan, 72 orang jenis kelamin laki-laki, 32 perempuan. anak-anak 5 orang dan seorang balita.

Kronologisnya kata Camat Muara Batu, Nawir, sekira pukul 03.25 WIB, terlihat boat sudah bersandar di Desa Meunasah Baro. Ternyata berisi pengungsi Rohingya. Sehingga warga setempat dan beberapa nelayan sepakat untuk menghubungi perangkat desa.

“Warga Rohingnya sudah diamankan di meunasah oleh anggota Koramil 04 Muara Batu dan anggota Polsek Muara Batu yang di bantu oleh warga masyarakat desa,” kata camat.

Saat ini Muspika Kecamatan Muara Batu, mengambil langkah awal memberikan biscuit sekaligus mempersiapkan nasi sarapan pagi.

Kembali terdampar pengungsi Rohingya di Kecamatan Muara Batu, catatan Rakyat Aceh, merupakan yang kedua kali. Kehadiran mereka di Meunasah Lhok, pun menjadi pusat perhatian warga sejak pagi tadi. (ung)