Belasan Jurnalis Subulussalam Serahkan Pernyataan Sikap ke Kapolres Soal Dugaan Pengancaman Wartawan Aceh Tengah

Perwakilan Aksi Solidaritas Jurnalis Sada Kata, Kaya Alim menyerahkan pernyataan sikap terkait dugaan pengancaman terhadap salah satu wartawan di Aceh Tengah. Pernyataan sikap itu langsung diterima Kapolres Subulussalam, AKBP Muhammad Yanis,

RAKYAT ACEH | SUBULUSSALAM - Sedikitnya 15 Jurnalis yang mengatasnamakan dari Aksi Solidaritas Jurnalis Sada Kata Subulussalam mendatangi Mapolres setempat, Selasa (15/11/2022).

Maksud kedatangan para juru tulis tersebut untuk menyerahkan pernyataan sikap menyikapi dugaan pengancaman terhadap seorang Jurnalis di Aceh Tengah yang bernama Jurnalisa yang merupakan wartawan dari media Harian Rakyat Aceh beberapa hari yang lalu.

Kedatangan belasan Jurnalis dari berbagai media itu langsung di sambut Kapolres Subulussalam, AKBP Muhammad Yanis, SIK yang turut didampingi Kasat Reskrim, Iptu M. Nazir, S.H., M.H, dan Kasat Intelkam, Iptu Deni Albar, SH.

Ada lima poin isi pernyataan sikap yang diserahkan, Kaya Alim sebagai perwakilan Jurnalis kepada Kapolres yakni, Mengutuk aksi pengancaman atau intimidasi terhadap wartawan seperti yang terjadi kepada saudara Jurnalisa wartawan Harian Rakyat Aceh di Aceh Tengah, Meminta Polda Aceh dan Polres Aceh Tengah menangkap pelaku pengancaman terhadap Jurnalisa dan melakukan proses hukum

Selanjutnya, menolak segala bentuk kriminalisasi dan intimidasi terhadap wartawan yang bekerja sesuai undang-undang nomor 49 tahun 1999 tentang pers, Meminta Kapolres subulussalam mendukung upaya pemberantasan oknum yang mengaku wartawan, akan tetapi tidak bekerja selayaknya jurnalis yang menghasilkan karya jurnalistik, apabila terdapat sengketa pers maka proses penyelesaian melalui dewan pers.

Kaya Alim selaku perwakilan belasan Jurnalis menyampaikan bahwa aksi solidaritas tersebut sebagai bentuk protes atas dugaan pengancaman yang di alami salah satu rekan mereka di Aceh Tengah yang diduga dilakuan salah satu pihak rekanan di sana.

Kapolres Subulussalam, AKBP Muhammad Yanis, SIK dihadapan belasan Jurnalis mengatakan pihaknya akan melaporkan pernyataan sikap ini kepada Kapolda Aceh. Muhammad Yanis pun mengucapkan terima kasih atas kedatangan para Jurnalis melakukan aksi solidaritas dengan cara mendatangi dan menyerahkan pernyataan sikap tanpa harus melakukan aksi unjuk rasa turun ke jalan.

" Tentu apa yang rekan-rekan wartawan sampaikan ini akan saya sampaikan kepada Bapak Kapolda Aceh. Dengan cara aksi solidaritas seperti ini duduk bersama tentu patut diapresiasi tanpa harus aksi turun ke jalan " ungkap AKBP Muhammad Yanis (lim)