Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 17 Nov 2022 07:25 WIB ·

PJ Walikota Imran Akan Revitalisasi Situs Sejarah Cot Plieng


 Pj. Walikota Lhokseumawe Dr. Drs, Imran, M.Si, MA.Cd kembali mengunjungi bangunan meunasah dan makam pengikut Tgk Cot Plieng di Gampong Blang Buloh, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe Perbesar

Pj. Walikota Lhokseumawe Dr. Drs, Imran, M.Si, MA.Cd kembali mengunjungi bangunan meunasah dan makam pengikut Tgk Cot Plieng di Gampong Blang Buloh, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe

RAKYATACEH | LHOKSEUMAWE – Pj. Walikota Lhokseumawe Dr. Drs, Imran, M.Si, MA.Cd kembali mengunjungi bangunan meunasah dan makam pengikut Tgk Cot Plieng di Gampong Blang Buloh, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Selasa (15/11).

Kunjungan kedua ini didampingi oleh sejumlah Kepala OPD dan pejabat teknis terkait yaitu Kadis PK, DSI, Bappeda, Camat Blang Mangat, Sekretaris Satpol PP dan PUPR untuk melihat secara langsung salah satu  situs sejarah perjuangan Tgk Cot Plieng saat melawan Tentara Jepang dan memastikan penanganan yang bisa dilakukan.

Rombongan tiba di lokasi pada pukul 07.00 WIB. Tampak Pj. Walikota Lhokseumawe menaiki bangunan tersebut dan mengecek beberapa sudut bangunan sambil berbincang  untuk mempercepat proses revitalisasi.

Sebagaimana kita ketahui   bahwa Tgk. Abdul Jalil merupakan tokoh perlawanan Aceh terhadap Jepang. Tgk. Abdul Jalil bеѕеrtа pengikutnya ѕесаrа dіаm-dіаm mеlаkukаn dаkwаh аntі Jераng dengan bеrѕеru jіhаd fіѕаbіlіllаh dаrі gampong ke gampong dі Kаbuраtеn Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Tgk. Abdul Jаlіl mati ѕуаhіd dаlаm pertempuran terakhir saat turun kе Gampong Meunasah Blаng Bulоh untuk melaksanakan Salat Jumat pada 9 Nоvеmbеr 1942.

Pj. Walikota Lhokseumawe mengungkapkan bahwa tingkat kerusakan bangunan meunasah Tgk. Cot Plieng sudah tinggi, untuk itu diperlukan revitalisasi segera untuk menyelamatkan situs sejarah ini.

“Meunasah Tgk. Cot Plieng tidak hanya mempunyai nilai sejarah yang tinggi, namun juga terdapat ilmu pengetahuan dan kekayaan budaya. Tentunya ini perlu keseriusan dengan didukung melalui program prioritas” Ujar Imran

Bahkan menurut Imran, bangunan bersejarah tersebut nantinya dapat diandalkan menjadi destinasi wisata sejarah di Kota Lhokseumawe sehingga akan berdampak baik secara sosial dan ekonomi.

“Destinasi wisata sejarah tidak hanya dapat memacu pendapatan di sekitar kawasan, tetapi juga berdampak terhadap peningkatan ekonomi daerah” Tambah Doktor Lulusan Universitas Indonesia ini.

Imran juga berharap semua situs bersejarah di Kota Lhokseumawe dapat terus mendatangkan wisatawan untuk berkunjung dan tentunya perlu dikemas dengan semenarik mungkin. (ril/mar)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Trending di UTAMA