Bintang Malang yang Absen di Piala Dunia Qatar 2022

Salah dan Haaland

RAKYAT ACEH | DOHA —Sejumlah bintang sepak bola dunia dipastikan absen di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka bernasib malang karena cedera, diabaikan pelatih, hingga negaranya gagal bersaing.

Nama terakhir yang dipastikan tidak bisa beraksi di Piala Dunia edisi ke-22 ini adalah kapten sekaligus penyerang Senegal, Sadio Mane. Bomber Bayern Munchen itu harus dicoret dari daftar skuat Senegal hanya tiga hari sebelum kickoff turnamen.

Mane yang mengalami cedera fibula bersama klubnya pekan lalu awalnya masih diharapkan bisa bermain. Makanya, Pelatih Senegal, Aliou Cisse tetap memasukkan namanya dalam daftar skuat mereka.

Akan tetapi, hasil pemeriksaan terbaru menunjukkan Pemain Terbaik Afrika 2022 itu membutuhkan operasi. Itu membuat pelatih dan Federasi Sepak Bola Senegal terpaksa mencoret namanya dari skuat.

“Sayangnya, MRI hari ini menunjukkan kepada kami bahwa peningkatannya tidak sebaik yang kami bayangkan dan sayangnya kami harus menarik Sadio dari Piala Dunia,” kata dokter tim Manuel Afonso dalam sebuah video di akun Twitter resmi tim Senegal dikutip dari Khaleej Times.

Sebuah pernyataan singkat dari Federasi Sepak Bola Senegal juga mengkonfirmasi absennya Mane. “FSF mengharapkan pemulihan yang cepat untuk Sadio Mane,” demikian pernyataan tersebut dikutip dari beinSPORT.

Absennya Mane menjadi kehilangan besar bagi Senegal. Pasalnya, mantan penyerang Liverpool itu adalah pemimpin sekaligus tumpuan gol Senegal. Sebelumnya, Mane membantu negaranya meraih gelar Piala Afrika 2021 dengan mengalahkan Mesir di partai final.

Pada laga itu, Mane menjadi penentu kemenangan dalam drama adu penalti. Ia juga menjadi aktor utama sukses mereka kembali mengalahkan Mesir untuk memastikan tiket Piala Dunia 2022.

“Saya tidak tahu mengapa hidup terkadang seperti ini bagi orang-orang yang tidak pantas mendapatkannya. Senegal akan bermain dengan segenap hati untuk Anda,” tulis salah seorang pengikut Mane, @leo.rivera2005 di Instagram pribadinya.

Pemain berusia 30 tahun itu hanya satu dari sekian banyak bintang yang akan absen di Qatar. Sehari sebelum timnas Prancis terbang ke Qatar, mereka juga kehilangan salah satu penyerangnya, Christopher Nkunku. Top skor Bundesliga itu harus out setelah cedera dalam latihan.

Kehilangan bomber RB Leipzig itu melengkapi badai yang menimpa sang juara bertahan. Les Bleus sebelumnya sudah lebih dulu dipastikan tidak bisa diperkuat Paul Pogba, N’Golo Kante, serta Presnel Kimpembe.

Pemain lain yang juga harus mengubur mimpi tampil di Piala Dunia akibat cedera jelang turnamen yakni penyerang Jerman, Timo Werner, winger Portugal, Diogo Jota, gelandang Argentina, Giovani Los Celso, serta bek Inggris, Reece James. Di awal musim, Belanda juga kehilangan tulang punggung lini tengahnya, Georginio Wijnaldum akibat cedera bersama AS Roma.

Selain cedera, sejumlah bintang bernasib malang dan harus jadi penonton Piala Dunia 2022 akibat diabaikan pelatih timnas masing-masing. Di kelompok ini ada nama-nama seperti Sergio Ramos, Roberto Firmino, hingga Philippe Coutinho.

Sementara bintang besar lainnya seperti Erling Haaland, Mohamed Salah, dan penyerang veteran, Zlatan Ibrahimovic tidak bisa beraksi di Qatar karena negara mereka gagal bersaing di babak kualifikasi.

Meski cukup banyak bintang yang absen, pencinta bola di seluruh dunia masih bisa menyaksikan aksi-aksi superstar seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Neymar. Bersama negara masing-masing, mereka siap menyajikan tontonan menghibur. (JPG/rif)

Bintang absen Piala Dunia

Sadio Mane (Senegal): Cedera
Paul Pogba (Prancis): Cedera
N’Golo Kante (Prancis): Cedera
Christopher Nkunku (Prancis): Cedera
Presnel Kimpembe (Prancis): Cedera
Diogo Jota (Portugal): Cedera
Giovani Los Celso (Argentina): Cedera
Timo Werner (Jerman): Cedera
Reece James (Inggris): Cedera
Georginio Wijnaldum (Belanda): Cedera
Philippe Coutinho (Brasil): Tidak dipanggil
Roberto Firmino (Brasil): Tidak dipanggil
Sergio Ramos (Spanyol): Tidak dipanggil
Erling Haaland (Norwegia): Tidak lolos
Mohamed Salah (Mesir): Tidak lolos
Zlatan Ibrahimovic (Swedia): Tidak lolos