Tiga Tips yang Perlu Dipahami saat Berkendara di Musim Hujan

RAKYAT ACEH |  BANDA ACEH – PT Capella Dinamik Nusantara (CNF) memberi  tiga tips yang perlu dipahami saat berkendara di musim hujan. 

Pertama, permukaan jalan akan lebih licin, terutama saat awal turun hujan. Solusinya, kurangi kecepatan, pastikan kondisi ban dalam kondisi baik serta layak digunakan, hindari melakukan pengereman mendadak dan jaga jarak aman dengan objek disekitar kita, terutama dengan kenderaan yang di depan.

Kedua, berkurangnya jarak pandang serta pendengaran kita saat proses berkendara. Solusinya, gunakan helm dengan kaca terang serta pastikan secara keseluruhan masih berfungsi dengan baik. 

Lalu, sebaiknya pilih jalur rute perjalanan yang sudah kita kenali, jika tidak ada pilihan lain dapat juga dengan cara berpedoman mengikuti rute kenderaan yang ada di depan namun tetap jaga jarak aman serta tetap waspada.

Ketiga, terpaan hujan dan hembusan angin disertai situasi lalu lintas yang tidak biasa membuat fisik kita perlu tambahan perlengkapan penunjang agar tetap bisa konsentrasi dalam proses berkendara.

Solusinya, gunakan jas hujan dengan model stelan yang berwarna cerah, gunakan sarung tangan yang menutupi seluruh jari secara penuh dengan bahan yang nyaman. 

Dan, lengkapi rain shoes cover (bungkus pelindung sepatu) agar kita tetap nyaman selama perjalanan. (rao