Waah Parah Neeh, Jersey Timnas Ghana Ketinggalan Gara-gara Kitman Teledor

Bomber Ghana Andre Ayew (kanan) sudah mengenakan jersey resmi saat uji coba melawan Swiss (17/11). (Ryan Lim/AFP Photo )

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH – Timnas Ghana dibuat panik jelang laga perdana di Piala Dunia Qatar 2022. Bukan karena ada pemain yang cedera. Tapi gara-gara keteledoran kitman. Dua hari lalu, seperti dilansir La Gazzetta dello Sport, Ghana dilaporkan tidak membawa jersey untuk bertanding. Itu buntut dari kelalaian kitman mereka.

Konyolnya, momen itu baru diketahui sesaat setelah seluruh personel Bintang Hitam –julukan Ghana– mendarat di Qatar. Kitman hanya membawa jersey yang dikenakan ketika Ghana mengalahkan Swiss 2-0 pada uji coba kemarin di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi.

Saat itu juga, staf tim Ghana langsung berinisiatif mengirim jersey tim yang tertinggal menggunakan pos. Permasalahannya, waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman ekspres minimal 2–3 hari. Itu belum termasuk risiko molor atau hilang selama perjalanan.

’’Seorang pejabat GFA (PSSI-nya Ghana, Red) menegaskan Puma yang akan mengatasi hal itu dengan mengirimnya daripada harus menunggu kedatangan jersey yang tertinggal di Ghana,’’ tulis salah seorang jurnalis Ghana, Frank Darkwah, seperti dilansir IOL.

Kerja sama antara Ghana dan Puma yang terjalin sejak 2005 membuat semuanya aman terkendali.

Bersama pabrikan asal Jerman itu, Ghana tampil dalam 4 di antara 5 Piala Dunia terakhir, termasuk tahun ini. Bahkan, dari tiga edisi yang sudah dilalui, dua di antaranya selalu lolos ke fase knockout (2006 dan 2010).

Tetapi, cerita kitman Ghana yang sembrono bukan kali pertama ini terjadi. Di Olimpiade 2004, hal serupa pernah terjadi. Bahkan, momen itu ketahuan hanya H-1 sebelum laga pertama melawan Italia.

Alhasil, kala itu Ghana memakai jersey seadanya. Nike menjadi penyelamat dengan memberikan jersey template berwarna kuning. Jersey mereka yang tertinggal baru bisa dipakai pada laga kedua kontra Paraguay. (JPG/rif)