Rutan Jantho Salurkan Potensi WBP di bidang Pengelasan

RAKYATACEH | JANTHO – Sesuai dengan amanah undang unfang no 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan pasal 9 poin c yang menyatakan bahwa narapidana berhak mendapatkan pendidikan,pengajaran dan kegiatan rekreasional serta kesempatan mengembangkan potensi.

Berkenaan dengan hal itu Rutan Kelas IIB Jantho sedikit mengalami kendala dikarenakan pada Tupoksinya tidak ada program pembinaan keterampilan bagi tahanan, namun pada kenyataannya fungsi Rutan sudah tidak relevan lagi dengan kondisi penghuni yang saat ini sebagian besar di huni oleh Narapidana sehingga perlu diambil kebijakan guna memenuhi amanah dari undang undang Pemasyarakatan.

Sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk membina Narapidana, Rutan Kelas IIB Jantho membuka Bengkel Las untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Narapidana dan diharapkan dapat menjadi bekal bagi mereka ketika telah selesai melaksanakan pidananya.

Adapun produk- produk yang dapat dihasilkan antara lain Pembuatan pagar, teralis jendela dan pintu, kanopi dsb. Dilain hal dalam wawancara dengan Karutan ( Bambang Waluyo ) beliau menyampaikan bahwa keberadaan Bengkel las merupakan suatu kebijakan yang harus dilaksanakan mengingat kewajiban yang harus dipenuhi sebagaimana yang diamanahkan undang-undang dan beliau juga mengatakan Bengkel Las ini terbuka untuk umum. Apabila ada masyarakat yang berminat untuk membuat / memesan produk-produk yang diinginkan silahkan mendatangi Bengkel Las Rutan Kelas IIB Jantho harga terjangkau dan kualitas terjamin.