Gelar Dies Natalis ke-13 dan Wisuda,

Direktur Poliven, Reza Salima SP MP saat menyerahkan ijazah para prosesi Wisuda Mahasiswa Poliven di Gedung Serbaguna kampus tersebut, Sabtu (26/11/2022). Foto istimewa

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH – Politeknik Indonesia Venezuela (Poliven) kembali meluluskan 39 wisudawan program diploma III (Ahli Madya) pada wisuda yang digelar dalam Rapat Senat Terbuka Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023.

Dari 39 lulusan, sebanyak lima orang lulus cumlaude, 22 orang memperoleh predikat sangat memuaskan dan 12 orang lainnya memperoleh predikat memuaskan.

Adapun prosesi wisuda tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna kampus tersebut, Jl. Bandara Sultan Iskandar Muda, Cot Suruy, Kec. Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (26/11/2022).

Direktur Poliven, Reza Salima SP, MP dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di Politeknik Indonesia Venezuela.

“Sebagai lulusan Poliven, kami berharap para wisudawan haruslah memiliki cara pandang layaknya seorang intelektual. Yaitu mampu memanfaatkan ilmu yang didapat selama ini dan kemudian digunakan dalam menyelesaikan permasalahan di tengah-tengah masyarakat,” kata Reza Salima.

Menurutnya para lulusan tersebut juga harus memiliki stock of knowledge yang tinggi, diantaranya berupa keahlian khusus sesuai bidang keilmuan dan kemampuan, komunikasi fleksibilitas dan mampu bekerjasama dengan tim.

Selain itu juga memiliki motivasi, tingkat kepekaan, etika, atitude, daya inovasi dan kreatifitas yang tinggi untuk menghadapi era disrupsi yang sedang berlangsung saat sekarang.

“Tentunya semua hal itulah yang saat ini dibutuhkan oleh dunia kerja, dunia usaha dan dunia industry,” kata Reza Salima.

Pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan PENA, Thanthawi Ishak, SH, MM dalam sambutannya juga memberikan apresiasi terhadap kemajuan yang telah dicapai kampus vokasi tersebut.

“Harapan kami kedepannya Poliven akan lebih banyak lagi menghasilkan alumni yang tanggung dan berprestasi. Juga mampu menghasilkan produk karya yang berkualitas dan memberikan kontribusi baik dalam menciptakan lapangan kerja secara mandiri,” kata Thamtawi Ishak.

Mantan Sekda Aceh itu juga berharap para lulusan Poliven harus mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi tantangan global. Produk mahasiswa Poliven dapat ditampilkan dan dikemas dalam bentuk pameran Expo, sehingga produk- roduk kreatif dan inovatif mahasiswa poliven itu diketahui khalayak ramai.

“Mahasiswa poliven harus memiliki tekad yang besar dan semangat yang tinggi untuk memperkenalkan dan membuat produk yang berkualitas. Oleh karenanya peningkatkan kualitas SDM para dosen dan tenaga pendidikan serta karyawan haruslah menjadi prioritas, sesuai kebutuhan pembangunan pendidikan yang selalu bergerak dinamis dan kompetitif.

Ia menambahkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari dalam negeri dan luar negeri guna mendukung pengembangan pendidikan di Poliven, merupakan hal mutlak yang harus segera dapat direalisasikan.

“Kami berharap para wisudawan harus tampil sebagai motor perubahan di tengah masyarakat dan menjadi lulusan yang berkualitas serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama perkembangan teknologi dan informasi,” pungkasnya.

Kegiatan wisuda tersebut juga dirangkai dengan peringatan Dies Natalis ke 13 Poliven dan juga pengukuhan gelar “Doktor” perdana dalam bidang Manajemen Sumber Daya Lahan yaitu Dr.Umar,HA.,SP.,MP. (ra)