Dua Mahasiswi Umuslim Raih Juara di NGU Jepang

Dua mahasiswi Umuslim yang meraih prestasi pada ajang Japanese Speech Contest Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang, Minggu (27/11). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

RAKYATACEH | BIREUEN – Dua mahasiswi Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, berhasil meraih prestasi pada ajang Japanese Speech Contest Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang, di Community Link di Taiho Kampus Nagoya Gakuin University.

Kedua mahasiswi tersebut adalah Qurrata Ayyun Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) meraih juara dua dan Raihan Hayati Raihan Hayati, prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mendapat juara tiga. Sementara peraih juara satu berasal dari Thailand, yaitu Jindajiraphat Khanayod.

Informasi tersebut disampaikan langsung Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Umuslim, Dr.rer.nat.Ernawita, M.Sc melalui kabag Humas, Zulkifli, M.Kom kepada Harian Rakyat Aceh, Minggu (27/11).

Dijelaskan, Japanese Speech Contest merupakan kegiatan rutin tahunan tingkat Internasional di NGU yang diikuti peserta mahasiswa asing yang kuliah di NGU.

“Penyerahan sertifikat dilakukan langsung oleh Profesor Seichi Sugawa sensei yang merupakan kepala Kantor International NGU. Keberadaan mahasiswi Umuslim di Jepang dalam rangka mengikuti program pertukaran pertukaran mahasiswa hasil kerja sama antara Umuslim dan NGU Jepang,” ujar Zulkifli.

Dirinya mengungkapkan, tujuan program Japanese Speech Contest guna mempererat hubungan mahasiswa asing dengan mahasiswa NGU dari Jepang, selain itu untuk meningkatkan kompetisi dan kemampuan berbahasa antara mahasiswa asing berbicara di depan publik.

“Pada perlombaan ini, ada beberapa bahasa yang diperlombakan seperti bahasa Inggris, Jepang, China, dan Korea. Peserta lomba ratusan mahasiswa berasal dari berbagai negara, seperti Amerika, China, Taiwan, Korea, Kanada, Indonesia dan dari negara Jazirah Arab,” pungkasnya.

Sementara Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd mengucapkan syukur atas prestasi diraih mahasiswi Umuslim di tingkat Internasional. “Ini menunjukan mahasiswi Umuslim tidak kalah prestasinya dengan mahasiswa di luar Umuslim,” ungkap Marwan. (akh/mar)