Tips Informasi Ringan Safety Riding

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH – PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Banda Aceh memberi ilmu dan tim informasi ringan terkait ban sepeda motor yang berbeda ukuran antara ban depan dan ban belakang.

Perbedaan ukuran ban sepeda motor yang depan lebih kecil dari ban belakang itu bukan tanpa alasan.

Sebab setiap sepeda motor yang keluar dari pabrik berdasarkan rancangan umumnya selalu menggunakan ukuran ban yang melekat pada roda depan setingkat lebih kecil dibanding dengan ukuran ban yang terpasang di roda belakang.

Mari kita cari tahu alasannya. Pertama, karena jika ban depan dibuat lebih besar dari ban belakang, setang kemudi motor akan terasa lebih berat untuk digerakkan serta bermanuver di atas permukaan jalan.

Kedua, selain itu ban belakang yang dibuat lebih besar dari ban depan pun juga bukan tanpa alasan.

Bagian ban belakang ini memuat beban yang lebih besar dibandingkan ban depan, karena distribusi bobot dari pengendara dan penumpang umumnya cenderung ke arah bagian belakang serta ukuran yang lebih besar ini juga berfungsi untuk memaksimalkan traksi roda di atas permukaan jalan terutama saat motor sedang berakselerasi.

Contohnya, sepeda motor type small matic, ban depannya sebesar 80/90 dan ban belakang 90/90. Nah sekarang sudah lebih paham dong.

“Buat kamu pengguna sepeda motor yang berencana melakukan penggantian ban pastikan sesuai rekomendasi pabrik agar sepeda motor kamu tetap aman dan nyaman saat digunakan,” kata Tomi, selaku safety riding instructor dari Capella Honda. (rao)