Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 30 Nov 2022 15:49 WIB ·

Bappeda Aceh Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik


 Bappeda Aceh Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Perbesar

RAKYAT ACEH | BANDA ACEHBappeda Aceh menerima penghargaan Anugerah keterbukaan Informasi Publik dengan kategori Satuan Kerja Perangkat Aceh informatif tahun 2022 dari Komisi Informasi Aceh (KIA)

Penghargaan tersebut diberikan langsung kepada Ir. Alamsyah, MM Selaku PPID Pelaksana Bappeda Aceh oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Hubungan Kerjasama Iskandar Syukri, di gedung serbaguna Sekretariat Daerah Aceh, kantor Gubernur Aceh, Rabu (30/11/2022).

Acara ini dihadiri oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Hubungan Kerjasama Iskandar Syukri, Komisioner Komisi Informasi Aceh dan ketua Komisi Informasi Publik.

Kepala Bappeda Aceh H. T. Ahmad Dadek, SH, MH mengucapkan syukur dan terimakasih kepada KIA, Diskominfo, PPId dan seluruh pegawai Bappeda Aceh atas kerja kerasa dan capaian prestasi SKPA yang dipimpinnya itu sehingga Bappeda bisa meraih penghargaan Anugerah keterbukaan Informasi Publik dengan katagori SKPA informatif.

“Bappeda terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja, khususnya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, ” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Hubungan Kerjasama Iskandar Syukri mengatakan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik merupakan tolak ukur dalam melihat semangat keterbukaan informasi di lembaga Pemerintah, Lembaga swasta, Perguruan tinggi, BUMN/BUMD dan juga partai politik di Aceh.

Penghargaan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan KIA dalam beberapa tahun belakangan ini. KIA melakukan penilaian berdasarkan monitoring dengan indikator tingkat akurasi yang tinggi terhadap sejumlah lembaga publik di Aceh. Tujuannya, tidak lain untuk mendorong agar semangat keterbukaan menjadi budaya yang melekat di setiap lembaga berbadan hukum di Aceh.

“Dengan demikian kita semua semakin memahami betapa pentingnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam menjalankan kebijakan,” ujarnya.

Achmad Marzuki sangat mendukung langkah pemberian penghargaan ini, karena transparansi adalah roh dari reformasi birokrasi. Dengan kata lain, reformasi birokrasi tidak akan berhasil tanpa dibarengi keterbukaan informasi publik.

Karena itu, penghargaan ini sesungguhnya tidak sekedar bentuk apresiasi kepada lembaga yang berhasil menjalankan semangat transparansi, tapi juga sebagai ajakan agar lembaga lain mau menerapkan kebijakan yang sama sehingga menciptakan pemerintahan yang bersih.

Adapun SKPA lainnya yang menerima kualifikasi informatif yaitu Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Dinas Sariat Islam Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Aceh, Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin, Badan Kepegawaian Aceh, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Dinas Pekerjaan Umum dan Pendataan Ruang Aceh, Dinas Perhubugan Aceh, Sekretariat Baitul Mal Aceh, dan Badan Penganggulan Bencana Aceh.

Untuk Kabupaten Kota, penghargaan kualifikasi informatif diraih oleh Kota Banda Aceh dan Kabupaten Nagan Raya.
KIA juga memberikan penghargaan dengan kualifikasi informatif kepada Kanwil DJKN Aceh untuk kategori instansi vertikal dan Panwaslih Aceh untuk kualifikasi lembaga non-struktural.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bea Cukai Gagalkan Pengiriman 9.600 Batang Rokok Ilegal

18 April 2024 - 19:25 WIB

Wakil Ketua Gapensi Aceh Apresiasi Pj Gubernur Lobi Pusat Wujudkan Pembangunan di Aceh

18 April 2024 - 17:07 WIB

Pj Bupati Iswanto Hadiri Launching KBN Polresta Banda Aceh di Gampong Pasie Lubuk

18 April 2024 - 16:08 WIB

Khatib Jum’at di Masjid Agung Kota Sabang, Tgk Alwy Al Khalidi Sampaikan Strategi Raih Kebahagiaan Dunia Akhirat

18 April 2024 - 10:59 WIB

Persiapan PORA 2026, DPRK Aceh Jaya Koordinasi dengan Kadispora Aceh

17 April 2024 - 20:53 WIB

Bakal Diresmikan Presiden, Pj Gubernur Bustami Harap Kanwil DJPb Dukung Pelaksanaan  PON dan Percepatan Proyek Nasional

17 April 2024 - 15:47 WIB

Trending di METROPOLIS