Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 4 Dec 2022 16:22 WIB ·

Doa Bersama Warnai Peringatan Milad GAM di Komplek Makam Malikussaleh


 Suasana doa bersama di komplek Makam Sultan Malikussaleh, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Ahad (4/12). Perbesar

Suasana doa bersama di komplek Makam Sultan Malikussaleh, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Ahad (4/12).

RAKYATACEH | LHOKSEUMAWE – Jajaran KPA Samudera Pase, Aceh Utara dan KPA Kuta Pase, Lhokseumawe memperingati Milad GAM ke-46 di komplek Makam Sultan Malikussaleh, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Ahad (4/12).

Peringatan Milad GAM itu, ditandai dengan digelarnya upacara bendera bintang bulan yang sudah disahkan sebagai bendera Aceh tertuang dalam Qanun Aceh No. 3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh.

Dalam upacara itu, diikuti oleh para petinggi KPA/PA dari kedua wilayah dan ratusan Kombatan GAM. Seperti terlihat dalam upacara bendera itu, Panglima KPA Samudera Pase, Abu Len bersama jajarannya serta Panglima KPA Kuta Pase Mukhtar Hanafiah juga bersama jajarannya dan M.Yasir tokoh KPA Kuta Pase yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRK Lhokseumawe ikut hadir. Tampak juga, kedua jurubicara KPA, yakni M.Jhoni Jurubicara KPA Samudera Pase dan Halim Abe, Jurubicara KPA Kuta Pase, Ketua DPW PA Lhokseumawe, Husaini POM, Ketua Harian DPW PA Aceh Utara, Tgk Fauzan dan lainnya.

Panglima KPA Kuta Pase Mukhtar Hanafiah menyerahkan bendera bintang bulan kepada penggerek bendera oleh tiga pasukan berbaju putih, celana hitam, berselempang motif GAM dan bersepatu hitam. Kemudian, dengan tegap tiga pemuda itu langsung melaksanakan tugasnya untuk mengibarkan bendera bintang bulan. Suara azan pun bergema yang dilantukan oleh Tgk Juned mantan anggota DPRK Aceh Utara, dan secara perlahan bendera digerek oleh pemuda hingga sampai kepuncak tiang.

Panglima KPA Samudera Pase, Abu Len dalam upacara itu juga membacakan amanat upacara bendera, lahirnya sejarah 4 Desember 1976.

Kemudian, M.Yasir tokoh KPA Kuta Pase juga memberikan sambutan dalam upacara bendera Milad GAM ke-46. Ia mengharapkan kepada pihak Pemerintah untuk menyelesaikan masalah perdamaian Aceh, sesuai komitmen perdamaian pada 15 Agustus 2005 silam.

“Meuse hana lagee nyan, pulang beude kamoe jak lam uteuen lom. kiban sepakat tanya M.Yasir. Mendengarkan ajak itu, suara peserta upacara menjawab sepakat,”terang M.Yasir dalam bahasa Aceh.

Ia mengatakan, ini bukan main-main tentang perdamaian, karena sudah banyak korban nyawa rakyat Aceh selama ini. “Jadi bukan main-main, para syuhada sudah banyak mendahului kita, jangan sampai kita menjadi lamiet atas bangsa orang.Kita bisa berdiri ditanah kita sendiri,”katanya.

Untuk itu, ia tetap mengajak semua pihak bersama-sama berkomitmen dan menjunjung perdamaian yang sudah tercapai di Aceh.

Usai upacara bendera bintang bulan dikibarkan dan kembali diturunkan, acara dilanjutkan dengan doa bersama di makam Sultan Malikussaleh, di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Kemudian, acara berlanjut di kantor KPA/PA Wilayah Samudera Pase.

Meskipun, dikawal ketat oleh pasukan TNI/Polri di segala penjuru di lokasi acara, tapi perayaan Milad GAM ke-46 berjalan meriah di komplek Makam Sultan Malikussaleh. (arm/ra)

Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Trending di DAERAH