Polisi Inspiratif, Ipda Arizal Dikenal Sebagai Kapolsek Percontohan di Bireuen

Kapolsek Jeunieb, Ipda Arizal SH menyambangi nenek lanjut usia yang sakit menahun di Kecamatan Jeunieb, Minggu (4/12). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

BIREUEN | RAKYATACEH – Tak semua polisi dapat menginspirasi banyak orang. Buktinya, banyak oknum kepolisian yang merusak citra Polri dalam mengayomi. Bahkan belakangan ini, isu nasional Irjen Ferdy Sambo menjadi kesan tak bagus bagi intansi Polri di kalangan masyarakat.

Namun berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan oleh seorang polisi yang bertugas di Bireuen. Ia adalah Ipda Arizal SH, yang bertugas sebagai Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Jeunieb.

Polisi berakhlak mulia ini diketahui bahwa, setiap hari Jumat rela turun ke pedalaman perdesaan di Kecamatan Jeunieb dan Kecamatan Peulimbang yang merupakan wilayah hukum Polsek Jeunieb, untuk menyambangi para fakir miskin dan warga yang sakit menahun guna memberikan kebutuhan sehari-hari berupa makanan pokok dan sembako.

Pria yang dikenal dekat dengan warga miskin ini, juga menjadikan bakti sosial (bansos) sebagai program prioritas pihak Polsek Jeunieb. Terobosannya dalam memerhatikan masyarakat yang membutuhkan, mendapat apresiasi dari berbagai pihak, baik dari kalangan kepala desa (Kades), tokoh masyarakat, hingga kalangan akademisi Bireuen.

Dedi Santri atau yang kerap disapa Raja GM, selaku pengusaha dan juga tokoh masyarakat Peusangan Raya kepada Harian Rakyat Aceh, Minggu (4/12) mengaku, mengenali sosok Ipda Arizal selaku polisi inspiratif yang akrab dengan masyarakat miskin.

“Saya mengenali saudara Ipda Arizal. Ia polisi yang ramah dan dekat dengan masyarakat. Aksi sosialnya setiap hari Jumat dengan cara menyambangi para fakir miskin dan masyarakat sakit menahun guna memberikan sembako, patut diapresiasi,” ujarnya.

Raja GM juga mengatakan, Arizal merupakan Kapolsek percontohan bagi kapolsek-kapolsek lainnya di lingkungan Kabupaten Bireuen, karena menurutnya, kinerja Polri saat ini sangat dibutuhkan di kalangan masyarakat, khususnya warga miskin.

“Bukti nyata sudah dilakukan oleh Kapolsek Jeunieb dalam mengayomi. Ia sudah menyadarkan banyak orang bahwa intansi Polri selalu ada bersama masyarakat,” pungkas tokoh muda Peusangan ini.

Dedi yang juga selaku Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Peusangan ini juga berharap, dedikasi yang sudah diberikan oleh Kapolsek Jeunieb kepada msyarakat selama ini, dapat menjadi percontohan bagi kapolsek-kapolsek lainnya.

“Semoga kinerja yang baik ini, dapat dipertahankan oleh Arizal, dan dapat ditingkatkan supaya lebih maksimal. Sehingga, masyarakat juga akrab dan terlayani dengan baik oleh penegak hukum,” sebut Raja.

Sebelumnya, Kapolres Bireuen, AKBP Mike Hardy Wirapraja SIK MH, juga mengatakan akan mendukung segala kegiatan positif dari kapolsek-kapolsek yang berdampak baik bagi masyarakat.

“Saya akan mensupport segala kegiatan positif dari personil-personil. Kinerja Kapolsek Jeunieb dan kapolsek lainnya di Bireuen, juga sudah sangat positif terhadap masyarakat. Semoga kinerja selama ini, dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” pungkas AKBP Mike Hardy.

Informasi dihimpun media ini, Kapolsek Jeunib Ipda Arizal dikenal sebagai sosok yang peduli antar sesama. Ia sering kali terlibat dalam aksi sosial peduli masyarakat.

Tak sedikit bantuan yang sudah disalurkan untuk anak yatim, fakir miskin, dan warga kurang mampu di Jeunieb. Bahkan, aksi sosial tersebut sudah dijadikan sebagai program rutinitas dalam mengayomi masyarakat setempat.

Ipda Arizal SH juga dikenal sebagai polisi yang santun dan dekat dengan masyarakat. Kinerjanya di lapangan, menjadi percontohan bagi polisi lain di Bireuen. Beberapa kasus yang terjadi di Jeunieb belakangan ini, juga dapat diselesaikan dengan cepat. (akh)