Ternak Bebas Berkeliaran di Keude Meureudu

Gerombolan sapi berkeliaran di jalan Iskandar Muda atau jalan protokol Kota Meureudu, Minggu (4/12). Rakyat Aceh/Abdullah gani

RAKYATACEH | MEUREUDU – Para pedagang Keude Meureudu, Kecamatan Pidie Jaya mengaku semakin resah dengan kehadiran sapi dan kambing yang bebas berkeliaran di pusat keramaian. Bahkan tidak jarang, dagangan mereka menjadi santapan hewan ternak.

Pantauan wartawan rakyat Aceh, Minggu (4/12), kotoran sapi dan kabing juga memenuhi ruas jalan. Kondisi tersebut membuat kesan Kota Meureudu yang merupakan ibu kota Kabupaten Pidie Jaya menjadi kumuh.

“Gerombolan sapi termasuk juga kambing berkeliaran di Keude Meureudu bukan hal baru. Tapi sudah menjadi pemandangan biasa yang sudah berkalang tahun. Qanun (dulu disebut perda) tentang larangan ternak berkeliaran hanya formalitas dan terkesan “su um ek manok” (panas taik ayam —red). Hanya beberapa pekan reda, setelah itu kembali seperti biasa,” kata Abdullah, salah seorang pedagang di kota Meureudu.

Sejumlah pedagang lainnya terutama di sepanjang jalan Iskandar Muda yang merupakan jalan protokol juga mengeluhkan kondisi tersebut, Mereka mengakui jika persoalan ternak belum mampu diatasi oleh pemerintgah setempat, hanya sewaktu kabupaten tersebut dipimpin alm Drs H M Gade Salam, keberadaan sapi berkeliaran mereda.

Sementara selama ini tiada hari tanpa sapi masuk kota. Malah kalau komplek Pemerintahan Pidie Jaya di Cot Trieng sudah selayaknya disebut “Padang Pengembalaan” karena tiada hari tanpa ternak merumput disana.

Kondisi serupa juga terlihat di Cot Trieng komplek pemerintahan Pijay, tapi lebih baik sedikit karena dikawal oleh pemiliknya dari pagi hingga petang agar tak masuk ke halaman kantor.

Kasatpol PP dan WH Pijay, Drs Muhammad Taib yang dihubungi melalui ponselnya kemarin terkait dengan sapi berkeliaran di Keude Meureudu dan merumput di lapangan sepakbola mengatakan, segera akan menghubungi petugas agar segera dihalau keluar kota. “Segara saya telpun petugas untuk menghalaunya,” sebut Thaib singkat.(age/rus)