Ketua Kadin Sabang T Ari Afriansyah “Saya Jaga Amanah’

T Ari Afriansyah Ketua Kadin Kota Sabang

RAKYAT ACEH | SABANG -Ketua Kadin Kota Sabang, Teuku Ari Afriansyah siap menjaga amanah dalam memajukan kawasan pulau ujung sumatera itu.

“Ini amanah dari Ketua Provinsi agar pengurus Kadin Kota Sabang dapat bersinergi dengan Pemerintah daerah dan unsur Forkopimda serta elemen lainnya” ujar Poenbit sapaan akrabnya Rabu (7/12).

T Ari Afriansyah kemarin dikukuhkan Kadin Provinsi sebagai Ketua Kadin Kota Sabang dalam Mukota II tahun 2022, Rabu (7/12) dihadiri Pj Wali Kota Reza Fahlevi dan unsur forkopimda.

Menurutnya, usaha untuk memajukan Sabang harus melibatkan semua pihak jika perlu dukungan pusat juga agar diketahui bahwa ada potensi yang luar biasa di pulau berpenduduk 47 ribu jiwa itu.

Usaha yang ada saat ini kata Poenbit bergerak dibidang kuliner dan produk kue kacang serta cafe tetapi sekarang terus berkembang dibidang pemasarannya.

‘Sabang harus bangkit kembali dengan mengundang para investor agar maju kembali seperti tempo dulu,’ ujarnya.

Salah seorang pelaku usaha di Sabang Haji Hamdani mengatakan masalah perdagangan terjadi benturan aturan yang seharusnya tidak diberlakukan di daerah non pabean.

Ia mengharapkan agar seluruh stakeholder dan instansi terkait agar bersinergi untuk menghidupkan kawasan Freeport Sabang. Tidak mungkin aktifitas di kawasan freeport hanya tanggung jawab BPKS saja. Butuh sinergitas seluruh pihak.

Secara terpisah tenaga ahli bidang perpajakan dan keuangan Apriansyah, SE., Ak. CA menyatakan soal UMKM yang ada di Kota Sabang kini mendapat kemudahan lebih bebas pajak fiskal dan non fiskal.

Produksi ekspor, kemana aja bisa dipasarkan tanpa memikirkan beban pajak yang dikenakan khusus untuk daerah kepulauan ada kemudahan khusus perlakuan bebas perpajakan.

Jadi silakan UMKM bergerak semaksimal mungkin di Sabang untuk memasarkan produk yang dihasilkan, demikian Apriansyah. (imj)