TPQ Al-Muchsinin Gampong Jawa Bagi-bagi Hadiah

RAKYAT ACEH I BANDA ACEH – Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) Al-Muchsinin Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh memperingati maulid dan pembagian hadiah bagi santri yang ikut lomba, sejak tangal 1- 6 Desember 2022.

Pembagian hadiah ini berlangsung Jumat (9/12/2022) malam di Masjid Al Muchsinin. Pada peringati ceramah maulid ini disampaikan oleh Ust Umar Ismail, S.Ag.

Adapun peserta berjumlah 80 orang, dengan 6 cabang lomba, yang terdiri dari, Lomba azan tingkat TKQ dan TPQ. Lomba doa sehari hari tingkat TKQ dan TPQ. Lomba surat pendek tingkat TKQ dan TPQ. Lomba Tahfidh Juz 30 tingkat TPQ. Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat TPQ dan Lomba cerdas cerdas tingkat TPQ.

Direktur TPA Al Muchsinin Gampomg Jawa, Tgk M Nur menyampaikan, TPQ dan AlMuchsinin baru berjalan 1 tahun. Keberadaan TPA ini tidak lepas dari dukungan dari banyak pihak, termasuk perangkat desa.

“Dengan usia ini masih sangat muda butuh dukungan dari bapak ibu,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bila ada masalah dan kendala selama belajar di TPQ untuk dapat disampaikan kepada pengurus TPQ jangan langsung mendengar dari luar.

Pada kesempatan ini, Keuchik Gampong Jawa, Mukhlis mengatakan, perangkat  Gampong Jawa sangat mendukung keberadaan TPQ Al-Muhsinin, termasuk Balai Pengajian yang ada di gampong.

“Harapan saya jangan berpikir TPQ ini bisa mempengarui Balai Pengajian lain ini tidak benar,” ungkapnya.

Dikatakan, keberadaan TPQ ini sudah mengurangi beban dan tugas dari perangkat desa yang kelak akan dipertanggungjawabkan dalam mendidik generasi Islam.

“Ini sudah mendukung tugas kami selaku kepala desa,” ujarnya.

Keuchik Mukhlis mengungkapkan, terimakasih kepada BKM, dewan guru dan masyarakat dalam awal pembentukan TPQ yang hingga kini sudah berjalan 1 tahun.

Disisi lain Sariamah, dari Forum Komunikasi Perempuan Peduli Aceh (FKPPA) menyampaikan, sangat senang dengan bisa hadir pada malam ini dan menyaksikan hasil lomba anak anak di TPQ AlMuchsinin.

Dikatakan, di TPQ juga ada program Tahfidh yang diinisiasi oleh FKPPA dan gaji guru ditanggung oleh FKPPA alad kadarnya.

“Semoga ini menjadi amal jariah dari FKPPA,” ujarnya.

Ia mengaku, melihat anak muridnya dari Gampong Jawa yang sudah banyak berhasil, ada jadi guru, keuchik dan anggota dewan.

Umar Ismail, dalam ceramahnya menyampaikan, untuk memperbanyak sedekah apalagi dalam menyiarkan agama Islam, sehingga dengan sedekah itu akan memudahkan masuk syurga. Sebab kata Ust Umar, tidak ada yang tidak mau masuk neraka pasti kebanyakan menginginginkan masuk syurga.

“Masuk syurga mudah lakukan yang baik baik dan tinggalkan yang dilarang agama,” jelasnya.

Dai kondang dari Kota Banda Aceh ini, begitu dikenal oleh masyarakat dapat menghibur para hadirin yang hadir, tidak hanya kalangan anak anak namun juga generasi muda dan orangtua. (rus)