Pj. Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto MS.i: PORA Jangan Sekedar Buru Medali

Pj. Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto MS.i menerima piala bergilir dari Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H Muzakkir Manaf (Mualem) pada Opening Ceremony Pekan Olah Raga Aceh (PORA) XIV di Lapangan Blangpaseh, Kota Sigli, Pidie, Sabtu (10/11) pagi. FOR RAKYAT ACEH

RAKYATACEH | Sigli – Pj. Bupati Pidie, Ir Wahyudi Adisiswanto MS.i mengatakan, event PORA tidak hanya sebatas mencari juara ataupun hadiah, tetapi harus memanfaatkan ajang ini sebagai upaya untuk meningkatkan tali silaturahmi, sehingga kita mampu mencapai semua tujuan yang kita cita-citakan bersama.

        Kepada seluruh atlet yang sudah berhadir di bumi Pidie, Bupati Wahyudi Adisiswanto mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding dengan tetap memelihara tali persaudaraan yang erat antar sesama atlet dan lingkungan masyarakat sekitar.

        Pj Bupati Pidie juga menyebutkan, bahwa dirinya sangat berbangga sekali dan mengucap rasa terima kasih mendalam atas kehadiran ribuan atlet ke Kabupaten Pidie untuk mengikuti ajang empat tahunan sekali.

         “Saya sangat berbangga sekali hari ini dapat berkumpul dengan seluruh olahragawan di bumi Aceh. Karena itu, saya sangat yakin nantinya pembina olahraga dapat mencetak prestasi hingga ke tingkat nasional sampai ke tingkat internasional, sehingga mampu bertanding dan bersaing,” sebut Bupati Wahyudi Adisiswanto.

         Lebih lanjut, dalam pidatonya PJ Bupati Pidie meminta agar seluruh atlet dapat mempersembahkan pertandingan yang berkualitas serta dapat meraih prestasi terbaik tidak lantas menghalalkan segala cara dan mencederai nilai nilai sportivitas.

         Oleh karena itu, Bupati Wahyudi Adisiswanto berpesan kepada seluruh wasit dan perangkatnya harus tetap mengkedepankan nilai-nilai sportivitas dan semangat “Fair Play” dalam pertandingan yang diikuti dan dijalaninya.

           Kepada PJ Gubernur Aceh dan Ketua Umum KONI Pusat serta seluruh pejabat daerah yang hadir di arena pembukaan PORA ke XIV, Pj Bupati Wahyudi Adisiswanto mengucapkan terima kasih tidak terhingga kepada Ketua Umum PORA Pidie, Pak Samsul Azhar .

          “Saya sangat berbangga hati, dimana dalam tempo singkat sesuai perintah bersangkutan sudah mampu melaksanakan kegiatan PORA ke XIV ini, dimana dinilai banyak kalangan tidak bakalan berlangsung sudah berjalan baik,” ucap Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto.

         Sebelumnya, Ketua Umum PORA Pidie, Drs Samsul Azhar melaporkan kepada PJ Gubernur Aceh, PJ Bupati Pidie, Ketua Umum KONI Pusat, Ketua Umum KONI Aceh, bahwa event tersebut dengan bekerja keras dalam waktu singkat sudah dilaksanakan.

          Dilaporkannya, dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan di PORA ke XIV, 33 cabang olahraga dipertandingkan di Kabupaten Pidie, sebagai tuan rumah. Sedangkan, tiga cabang olahraga, yaitu Renang, Menembak Indoor dan Panjang Tebing dilaksanakan di Aceh Besar dan Banda Aceh.

         Sementara jumlah atlet yang menjadi tanggungjawab tuan rumah, baik pemondokan maupun makan, antar jempu dari lokasi pemondokan ke arena pertandingan adalah tanggungjawab tuan rumah Kabupaten Pidie. 

        Samsul Azhar dalam laporannya juga menyebutkan, jumlah atlet keseluruhan adalah sebanyak 4.697 orang, Pelatih dan Official Kontingen sebesar 1.607 Orang.

        Panitia penyelenggara juga menyediakan juru medis dan tenaga medis lainnya bagi atlet yang bertanding, sebanyak 85 orang medis, sehingga total keseluruhan 6.656 orang.

         Samsul Azhar secara rinci menyebutkan, cabang olahraga dipertandingkamn  di PORA XIV di Kabupaten Pidie, sebanyak 36 Cabang Olahraga, yaitu  Anggar, Atletik, Arum Jeuram, Angkat Besi, Balap Motor, Balap Sepeda, Basket, Voli, Bulu Tangkis, Catur, Drum Band.

         Selanjutnya, Karate, Futsal, Kempo, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Sepak Takraw,, Bola Kaki, Taekwondo, Tarung Derajat, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Tinju, Bridge, Layar, Petangue, Senam, Sepatu Roda, Wushu, Angkat Berat, Panjat Tebing, Menembak, Renang, Binaraga, dan Dayung.

          Kegiatan PORA di Pidie, dijadwal berlangsung keseluruhan cabang olahraga 10 Desember 2022, atau setelah pembukaan, tapi pihak KONI Aceh terlebih dahulu mempertandingkan sejumlah cabang olahraga yang dimulai 2 Desember 2022. 

           Samsul Azhar, juga menyampaikan maaf kepada PJ Gubernur Aceh dan PJ Bupati Pidie, apabila kondisi lapangan sepakbola yang belum rampung karena berbagai hal, termasuk kondisi hujan, namun belasan ribu masyarakat turut menyaksikan acara pembukaan ini. (ana/rif)