STY Kecewa, 20 Shoot tapi Indonesia Cuma Bisa Bikin 2 Gol

rselino Ferdinan (kanan) dan Saddil Ramdani merayakan gol yang tercipta ke gawang Filipina dalam laga terakhir Grup A Piala AFF 2022. (PSSI/Instagram)

HARIANRAKYATACEH.COM – menyerang dimasukkan. Yakni, Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri, dan Ilija Spasojevic. Tapi, upaya STY tidak mampu menambah jumlah gol Indonesia. Justru, gawang Indonesia kebobolan pada menit ke-83 lewat tandukan Jens Sebastian Beraque Rasmussen.

”Saya sangat kecewa. Yang namanya sepak bola itu harus bisa mencetak gol supaya mendapat hasil baik. Malam ini (kemarin, Red) performa kami baik. Tapi, kami tidak bisa mencetak gol di tengah peluang yang begitu banyak. Saya sangat tersinggung,” ujar STY setelah pertandingan.

Pelatih timnas Korea Selatan pada ajang Piala Dunia 2018 Rusia itu menilai permainan Indonesia membaik. Meski bermain di rumput sintetis, Indonesia bisa mendominasi penguasaan bola 56 persen berbanding 44 persen.

Skuad Garuda juga mampu menciptakan jumlah operan yang lebih banyak daripada tim tuan rumah. Tingkat akurasi operannya pun baik. Sayang, finishing sangat jauh dari harapan.

”Ini harus dievaluasi. Sebab, besar kemungkinan kami akan bertemu Vietnam dalam babak semifinal. Pertandingan leg pertama dimainkan di Jakarta dulu. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik supaya tidak mengecewakan fans yang datang ke stadion,” tegas pelatih 52 tahun tersebut.

Kemenangan 2-1 atas Filipina meloloskan Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022. Indonesia melaju ke fase big four dengan predikat runner-up grup A. Pada babak semifinal, Indonesia hampir dipastikan bertemu Vietnam.

The Golden Star Warriors –julukan timnas Vietnam– adalah pemuncak klasemen sementara grup B dengan perolehan 7 poin. Perolehan poin Vietnam sebenarnya sama dengan Singapura yang berada di urutan kedua grup B.

Dan, perolehan poin Vietnam hanya terpaut 1 angka dari Malaysia yang berada di urutan ketiga klasemen. Tapi, Vietnam paling diunggulkan untuk finis sebagai juara grup B.

Kenapa demikian? Grup B akan menuntaskan seluruh pertandingan hari ini. Pada laga terakhir, Singapura akan bertemu Malaysia. Lalu, Vietnam akan bertemu tim yang sudah dipastikan tereliminasi. Yakni, Myanmar. Pertandingan Vietnam kontra Myanmar akan digelar di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Jika mampu menjaga status juara grup B, Vietnam akan lebih dulu bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 6 Januari. Lalu, pertandingan leg kedua akan digelar di Vietnam pada 9 Januari.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c19/ali